Tangkap Pelaku PETI, Polres Sarolangun Sita 23 Lempengan Emas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Minggu dini hari  (3/12 ) sekira pukul 02.30 Wib, Tim gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Sarolangun, telah berhasil  mengamankan  satu orang yang di duga membawa emas hasil Pertambangan Emas Tanpa Ijin ( PETI).

Pelaku diketahui indititasnya berinisial RK (43) tahun berdomisili di Kota Bengkulu Provinsi  Bengkulu. Penangkapan dilakukan di Jalan Lintas Sumatera KM. 09    tepatnya di depan RSUD Chatib Quswaen Kabupaten Sarolangun.

Dari tangan pelaku polisi menemukan 1 buah tas ransel warna abu abu, 1  buah tas kecil warna hitam Merek Eiger dan  23  Lempengen butiran berwarna kuning, disinyalir kuat barang tersebut  emas hasil PETI dengan berat 947 gram.

Selain itu polisi juga menemukan uang sejumlah Rp. 175.000, 3 buah Handphone Merek Nokia, 1 buah Handphone merek samsung serta dua buah dompet.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana S.IK M.AP melalui Kompol Agus Saleh saat dikonfirmasi penangkapan pembawa emas hasil PETI, dengan tegas membenarkan hal tersebut. Kompol Agus Saleh bahkan juga menjelaskan kronologis penangkapan terhadap pelaku PETI.

Yang mana pada hari Jum’at tanggal 01 Desember 2017, personel  Sat Intelkam Polres Sarolangun mendapat informasi dari masyarakat bahwa dicurigai seseorang yang membawa emas dari hasil PETI di wilayah Desa Rantau Gedang Kecamatan Bathin VIII Kabupaten  Sarolangu, begitu mendapatkan informasi kemudian  personel Sat Intelkam Polres Sarolangun  langsung berkoordinasi dengan personel Tipidter Sat Reskrim untuk melaksanakan lidik. Informasi yang masuk ternyata  benar, bahwa ada seseorang yang dicurigai membawa emas dari hasil PETI menggunakan travel yang menuju kearah  Bengkulu.

”   Selanjutnya personel Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Sarolangun bergerak cepat  melakukan penyetopan terhadap mobil yang ditumpangi  diduga pelaku, ” Kata Kompol Agus Saleh.

Diucapkannya kembali, begitu sampai di depan RSUD Chatib Quswaen Sarolangun, Tim gabungan  menghentikan satu  unit mobil Daihatsu Luxio warna abu abu   Metalik, ” setelah itu petugas  melakukan penggeledahan terhadap pelaku  RK, dan di dapat Hampir  1 kg emas, bila dirupiahkan mencapai  Rp 500  juta rupiah, ” terangnya.

 Kemudian  ditemukan kepingan lempengan barang yang mencurigakan berwarna kuning diduga emas  dari hasil PETI, yang dibungkus didalam sebuah plastik bening. Seterusnya  pelaku dan barang bukti diamankan di Mako Polres Sarolangun guna penyidikan lebih lanjut.

Tidak berhenti disitu saja , kemudian Tim gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Sarolangun melakukan  penggeledahan di Desa Rantau Gedang Kecamatan Bathin VIII yang diduga penjual Emas PETI.

Disana petugas kembali menemukam, 1  set alat pembakar, 1 buah kayu alas pembakar, 1 buah timbangan digital, 2 buah mancis atau korek api, 1 buah Kalkulator, 1 buah kuas warna merah, 2  kantong cup plastik, 1 buah stoples plastik warna hijau berisi pijar, 2 buah penjepit, 1  buah kardus yang berisi mangkok terbuat dari tanah, 1 set cerobong pembakaran, 1 botol Aqua yang berisi bahan bakar minyak jenis bensin, 1 corong warna merah dan uang sebesar Rp. 2.224.000.

Kabid humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, S.H., S.I.K. saat dikonfirmasi membenarkan tentang penangkapan Pelaku PETI, saat ini Jajaran Polda Jambi terus bergerak untuk menindak para pelaku PETI, ini karena PETI sangat merugikan masyarakat dan lingkungan sekitarnya, kesehatan akan menurun dan ekosistem lingkungan akan menjadi rusak, tutur Kabid Humas.

Penulis : Indra / M. Ikhsan

Editor : Alfian

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password