Kapolda Bali Pantau KRB III Gunung Agung di Kecamatan Selat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Setelah melakukan pengecekan di wilayah Polsek Bebandem, Karangasem, pada Kamis (30/11/2017) kemarin, kali ini Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose meninjau wilayah Polsek Selat, Jumat (1/12/2017). Wilayah ini juga merupakan Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

574B9E5F-AFD9-4907-8864-AD57257547B6Tiba di Polsek Selat, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yang pada kesempatan tersebut didampingi Karo Ops, Direktur Intelkam, Direktur Lalu Lintas dan Kabid Propam Polda Bali disambut Kapolres Karangasem AKBP I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si.

Kapolda Bali mengatakan, tujuan dari peninjauan ini adalah untuk mengetahui secara langsung situasi wilayah KRB III di Kecamatan Selat, Karangasem. Karena, sesuai arahan Presiden RI untuk zero incident dalam penanganan bencana erupsi Gunung Agung, sehingga perlu dilakukan pengecekan secara terus menerus.“Saat ini juga saya ingin melihat situasi yang ada, sehingga kita bisa tau cara bertindak yang tepat,” ucapnya.

Dengan turun langsung ke lokasi, Jenderal bintang dua ini juga mencoba menjawab berita hoax yang ada di masyarakat. Karena, isu yang beredar justru membuat masyarakat jadi panik. “Saya tidak mau, isu yang beredar justru membuat kekhawatiran di masyarakat. Yang paling penting adalah masyarakat tidak panik. Masyarakat merasa terayomi dan pelayanan masyarakat berjalan,” ungkapnya.

Selain itu, Jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini juga mengecek kesiap siagaan anggota yang melaksanakan tugas di wilayah yang termasuk KRB di Kecamatan Selat, mengingat status Gunung Agung yang sudah level IV (awas). “Hasil pengecekan so far, sampai dengan saat ini kesiapan anggota luar biasa. Terutama untuk anggota Kepolisian, mereka sudah siap dengan ransel, dengan perbekalan sementara,” kata Kapolda Bali.

Usai mengunjungi Polsek Selat, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Perbekel Duda Timur I Gede Pawana S. Ag. M. Pil h. dan Amerta Bhuana I Wayan Suara arsana, Camat Selat Wayan Danu serta Danramil melakukan pemantauan ke wilayah KRB III di Desa Sebudi tepatnya di lokasi Galian C.

Selanjutnya, sekitar pukul 11.30 Wita Kapolda Bali dan rombongan melanjutkan pemantauan ke wilayah Pura Khayangan Jagat Pasar Agung giri Toh Langkir. Pura ini berlokasi  dilereng Gunung Agung di Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi. Berarti, lokasi ini hanya berjarak sekitar 2 km dari puncak Gunung Agung.

Jalan menuju Pura Pasar Agung penuh dengan lumpur. Hal ini mengakibatkan jalan menjadi licin dan bisa menyebabkan kecelakaan apabila dilalui kendaraan. Selain itu, bau belerang sangat keras dan terasa saat melintas di sepanjang jalan. Dengan situasi ini, diharapkan masyarakat tidak ada aktivitas apapun karena wilayah ini sudah sangat berbahaya.

Penulis  : Komang Arya

Editor    : Alfin

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password