Usai Sholat Jumat, Polantas Bulukumba Berikan Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas kepada Jamaah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepala Unit Laka Lantas Satlantas Polres Bulukumba Ipda Herman S.Sos menghimbau masyarakat agar selalu mentaati aturan lalu lintas serta tidak menggunakan knalpot bogar.

Himbauan itu disampaikan Ipda Herman S.Sos usai melaksanakan sholat Jumat berjamaah di Masjid Ar Rohman Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Jumat (01/12/17).

“Sebelum berkendara pastikan telah membawa surat-surat seperti SIM dan STNK, selalu gunakan kelengkapan berkendara seperti helm maupun sabuk pengaman serta selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama berkendara,” himbau Ipda Herman S.Sos.

Lebih lanjut, Ipda Herman S.Sos menghimbau agar masyarakat dapat selalu mematuhi aturan lalu lintas tindak hanya saat operasi saja, namun kapan dan dimanapun juga harus mematuhi aturan lalu lintas,mengingat hal tersebut demi keamanan dan keselamatan pengendara sendiri.

Terwujudnya etika berlalu lintas adalah citra budaya bangsa, terwujudnya penegakan dan kepastian hukum bagi masyarakat.

Sesempurna apapun aturan tidak akan secara otomatis atau serta merta mampu mengubah keadaan menjadi sesuai yang diinginkan, seperti mengubah kesemrautan menjadi tertib, mengubah perilaku yang tidak taat peraturan menjadi patuh dan taat.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan memberikan amanat kepada semua pihak untuk ikut serta mematuhi lalu lintas ketika berkendara di area lintasan jalan publik.

Namun hingga kini, pelaksanaan aturan yang sangat ideal tersebut bukan menghadapi masalah.

Justru faktanya antara apa yang seharusnya dilaksanakan (das sollen) dengan apa yang senyatanya sehari-hari (das sein) acapkali tidak berbanding lurus. Terbukti hingga saat ini masih banyak terjadi pelanggaran berlalu lintas di sana-sini.

Secara kebetulan atau tidak, pelaku pelanggaran ternyata tidak sedikit dari masyarakat yang berpendidikan. Pertanyaannya, kenapa hal ini terus terjadi? Bagaimana cara mengurangi atau mengatasinya?

Solusi untuk mengurangi pelanggaran atau banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, tentunya selain perlu penindakan tegas bagi masyarakat yang melanggar ketentuan beralalu lintas, yang utama juga adalah memberikan pencegahan sedini mungkin.

Salah satunya melalui sosialisasi atau penyuluhan tertib berlalu lintas bagi pelajar mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga mahasiswa Perguruan Tinggi.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password