Tekan Kriminalitas Akibat Miras, Bhabinkamtibmas Polsek Langowan Bentuk KPGM

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Guna menurunkan angka kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas (laka lantas) akibat minuman keras (miras) jenis cap tikus, jajaran Polres Minahasa melakukan berbagai upaya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Langowan, Aiptu Jopie Kaparang, baru-baru ini. Diawali dengan pendataan, Aiptu Jopie lalu mengimbau para petani cap tikus agar beralih fungsi dari pembuat cap tikus menjadi pengolah gula aren atau gula merah.

“Hal ini agar kriminalitas yang dipicu oleh miras di wilayah Minahasa khususnya Langowan, dapat diminimalisir dan hasil pengelolaan cap tikus tidak salah edar dan salah sasaran,” ujar Aiptu Jopie.

Melalui data yang dihimpunnya, pembuatan gula merah keuntungannya lebih banyak dari pada cap tikus, yakni kurang lebih 20 persen.

“Selain itu pembeli gula merah banyak yang suka dan antri. Sementara petani cap tikus yang tak berizin jual miras, harus secara sembunyi-sembunyi peredarannya. Bahkan tak jarang hasil atau pun barang dagangannya disita aparat kepolisian,” jelasnya.

Angka kriminalitas, lanjut Aiptu Jopie, yang dipengaruhi oleh cap tikus di Langowan, dari tahun ke tahun terus terjadi. Untuk itu, Aiptu Jopie berinisiatif mendirikan suatu kelompok bernama Komunitas Petani Gula Merah (KPGM), di desa binaannya, Kayuuran Atas.

“Tujuan saya membuat komunitas ini, agar para petani cap tikus beralih profesi menjadi pembuat gula merah sekaligus mengkampanyekan tentang pengolahan gula merah adalah yang terbaik,” tutur Aiptu Jopie. Dikatakannya, KPGM ini beranggotakan 25 orang petani.

Sebagai bentuk dukungan dan keseriusannya, Aiptu Jopi juga memberikan sebuah kuali besar kepada KPGM. “Untuk merangsang para petani beralih fungsi dari petani cap tikus ke petani gula aren, saya menyumbang sebuah kuali besar agar mereka terobsesi dan beralih profesi,” harapnya.

Ia juga mengatakan, arahan dan imbauan yang disampaikan tak terlalu sulit, karena para petani cap tikus umumnya pernah menjadi pengelola gula merah. Dirinya berharap, jika semua Bhabinkamtibmas melakukan hal yang sama, tentunya angka kriminal menurun serta keamaan dan ketertiban di masyarakat tetap terjaga.

Penulis: Hilman
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password