Samakan Persepsi, Biro Rena Polda Bali Gelar Bimtek Aplikasi RKA-K/L

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Biro Rena (Perencanaan Umum dan Anggaran) Polda Bali menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) aplikasi Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-K/L) di Gedung Rupatama Polda Bali, Kamis (30/11/2017). Kegiatan ini dibuka oleh Karo Rena Polda Bali, Kombes Pol. Drs. I Gusti Made Adhi Sadnyana Putra, S.H. dan diikuti para Kabagren, Kasubagrenmin, Operator RKA-K/L dan puluhan personel pengemban fungsi perencanaan Satker jajaran Polda Bali.

Aplikasi RKA-K/L adalah suatu bentuk dokumen yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia yang merupakan sistem penganggaran terpadu, dimana tujuannya untuk mempermudah operator dalam menuangkan data-data mengenai rencana kerja anggaran kementerian lembaga.

Dalam sambutannya Kombes Pol. Drs. I Gusti Made Adhi Sadnyana Putra, S.H. mengatakan, digelarnya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi serta lebih memudahkan para pelaksana fungsi perencanaan dan anggaran jajaran Polda Bali dalam meng-input data, sehingga menghasilkan dokumen perencanaan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan yang diterbitkan oleh Menkeu RI.

“Saya minta kepada para Kasatker dan pengemban fungsi perencanaan harus tahu dan memahami tentang struktur program anggaran yang dilaksanakan saat ini. Kabagren dan Kasubagren harus bisa menjelaskan kepada Kasatker-nya terkait program-program yang dilaksanakan sebagaimana tertuang dalam kertas kerja RKA-K/L, sehingga tidak terjadi kekeliruan yang fatal dalam mengajukan usulan anggaran,” ujar Karo Rena Polda Bali.

Mantan Direktur Pamobvit Polda Bali ini mengajak para peserta Bimtek untuk mengambil peran secara profesional dan proporsional dalam mendukung kegiatan operasional kepolisian, sehingga apa yang menjadi kebutuhan dalam kegiatan operasional kepolisian dapat terdukung anggaran yang memadai.

“Tanpa adanya dokumen perencanaan yang baik, maka implementasi pelaksanaan tugas kepolisian di lapangan juga akan menjadi kurang baik. Bahkan berpotensi tinggi untuk kegagalan,” terangnya.

Untuk mendesain perencanaan Polri yang efektif, efisien, akuntabel, dan mudah dimengerti oleh semua pihak, harus menerapkan pendekatan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) dan melaksanakan struktur program dan anggaran. Dari desain tersebut akan terwujud sasaran strategis Polri untuk memberikan pelayanan Kamtibmas yang prima, terutama pada setiap unit pelayanan kepolisian.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password