Disersi, Kapolres Badung PTDH Brigadir I Wayan Susila Adnyana

Tribratanews.polri.go.id –  Polda Bali , Reward and Punishment merupakan program kepolisian untuk meningkatkan semangat kerja anggota. Reward merupakan penghargaan yang diberikan pimpinan kepada anggota Polri berprestasi. Sedangkan punishment diberikan kepada personil yang bertindak tidak sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga mendapatkan ganjaran hukuman sesuai dengan perbuatannya.

Hal ini yang diterapkan Kapolres Badung, AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K. untuk memacu dan mengkontrol kinerja anggotanya. Pemberian reward dan punishment dibuktikannya ketika bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di lapangan apel Polres Badung, Rabu (29/11/2017).

Satu personil Polres Badung yang telah melakukan pelanggaran Kode Etik Polri mangkir dari dinas kepolisian selama 30 hari atau lebih secara berturut turut atau disersi. Anggota kepolisian Brigadir I Wayan Susila Adnyana dengan jabatan terakhir sebagai anggota Sium Polres Badung diberhentikan secara tidak hormat (dipecat) dari kesatuannya.  Pemecatan itu berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Bali bernomor SKEP/537/X/2017 tertanggal 30 Oktober 2017. Upacara tersebut berjalan dengan in absensia, dimana personil yang di PTDH tidak menghadiri upacara tersebut.

Pada upacara ini, Kapolres juga memberikan reward kepada lima personil Satres Narkoba yang berhasil mengamankan pelaku penyalahguna dan pengedar narkoba dengan barang bukti jenis sabu seberat 65,64 gram. Kelima personil tersebut yaitu Iptu I Wayan Sujana, S.H., Bripka I Made Agus Subintara, S.E., Bripka I Nyoman Putra Adnyana, S.H., Brigadir I Komang Rully Mahardika, S.H. dan Brigadir I Nyoman Alit Astawa, S.H.

Dalam amanatnya AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K. mengatakan, reward and punishment merupakan komitmen Polri untuk tidak tebang pilih dalam menegakkan hukum. Personil yang melanggar hukum atau aturan kedinasan Polri akan tetap ditindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku seperti sidang disiplin, kode etik dan hukum pidana.

“Ini merupakan realisasi empat program unggulan quick wins yang dicanangkan Kapolri. Polri konsisten menerapkan reward and punishment secara adil dan transparan. Hal ini dapat memotivasi anggota agar bertugas secara ikhlas dan mampu menunjukan prestasi serta tidak melakukan perbuatan di luar ketentuan yang berlaku,” ungkap Kapolres Badung.

Penulis : Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish : Ngakan Candra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password