SABER PUNGLI POLRES TANGGAMUS LAMPUNG : Kapolres Dampingi Sekretaris Kabupaten Tanggamus Kukuhkan Satgas

Tribratanews.polri.go.id – Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) kabupaten Tanggamus dan Pringsewu, dikukuhkan, Senin (16/1/17). Maksud pembentukan satgas untuk mencegah terjadinya pungutan-pungutan dalam bentuk apapun yang tidak sesuai aturan dan tidak ada dasar hukum, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Tanggamus Nomor: B.05/17/08/2017 tanggal 16 Januari 2017, tentang Satgas Saber Pungli Tingkat Kabupaten Tanggamus. Lalu S‎K Bupati Pringsewu Nomor: B.62/KPTTS/0.14/2017 tanggal 16 Januari 2017.

Dipimpin kepala kepolisian resor (Kapolres) Tanggamus, Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Mamora, didampingi sekretaris kabupaten Tanggamus, Drs. Mukhlis Basri mewakili Plt. Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi di aula aryaguna Polres Tanggamus.

Penandatanganan pengukuhan saber pungli oleh sekkab tanggamus
Penandatanganan pengukuhan saber pungli oleh sekkab tanggamus

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Ahmad Mamora mengatakan, Satgas Saber Pungli adalah kebijakan hukum pemerintah yang dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia. Satgas Saber Pungli juga memiliki nama lain Unit Pemberantas Pungli (UPP).

Selama ini Polres Tanggamus sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Tanggamus dan Pringsewu guna mengukuhkan tim satgas ini.

Anggota satgas saber pungli kabupaten tanggamus dan pringsewu
Anggota satgas saber pungli kabupaten tanggamus dan pringsewu

Setelah resmi dikukuhkan langkah awal yang dilakukan adalah sosialisasi yang berisi pencegahan,  jika masih ditemukan pelanggaran setelah ada sosialisasi, maka itu adalah target akan harus dikenai tindakan tegas.

“Target pengukuhan Anggota Satgas Saber Pungli, harus ada hasil. Tahun 2015 kami berhasil menindak 20 perkara. Beberapa di antaranya, di Pringsewu ada yang mengaku oknum wartawan dan memeras kepala pekon. Dan tahun ini diharapkan Tim Saber Pungli bukan hanya penindakan, namun upaya pencegahan juga. Agar tidak terjadi praktik pungli maupun korupsi. Diharapkan terlahir sinergitas masing-masing pihak demi memberantas pungli di Tanggamus dan Pringsewu” harap AKBP Ahmad Mamora.

Penulis : N.Muslih
Editor : Kang Iqbal
Publish : N.Muslih

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password