Banjir Belum Surut, Polsek Putussibau Selatan Berikan Himbauan

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Banjir yang merendam Bumi Uncak Kapuas ini membuat seluruh masyarakat waspada. Masyarakat khawatir akan terjadi banjir seperti pada tahun 2010 yang dimana banyak rumah warga yang terendam banjir, (29/11/2017).

Semoga banjir tahun ini tidak seperti banjir tahun 2010 yang membuat rumah saya terkena dampak luapan air Sungai Kapuas sehingga air masuk ke dalam rumah setinggi 50 cm, ungkap Sadam warga Kelurahan Kedamin Hilir.

Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan beserta anggota dengan sigap turun ke wilayah yang terkena banjir. Ada beberapa titik banjir yang masuk wilayah Putussibau Selatan yaitu Jalan Kalimantan, Jalan Tanjung Pura, Jalan Banin dan yang paling utama di Jalan Lintas Selatan tepatnya didepan Jalan masuk ke SMA Negeri 2 Putussibau kurang lebih sepanjang 500 m dengan kedalaman air 70 cm yang menimbulkan antrian panjang.

“Kita floting anggota di tempat-tempat rawan, ada yang mengatur lalu lintas, ada yang bagian membantu mendorong kendaraan yang macet/mogok, ada juga anggota yang membantu memperbaiki kendaraan yang mogok dengan menggunakan alat seadaanya” ungkap Kapolsek.

Dari pengamatan yang dilakukan anggota dilapangan bahwa sampai saat ini volume air masih belum menunjukkan adanya penurunan dan masih ada kemungkinan akan kembali naik. hal ini membuat Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Selatan memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar mengamankan barang-barang berharga supaya tidak terkena dampak banjir tersebut dan diharapkan kepada warga yang memiliki kendaraan bermotor untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang aman dari banjir serta menggunakan kunci ganda agar terhindar dari tindak pidana pencurian, himbau Kapolsek.

Dampak dari banjir yang melanda wilayah Putussibau Selatan yaitu menghambat warga masyarakat yang akan pergi bekerja, banyak siswa yang diliburkan akibat dari banjir yang menggenangi sekolah mereka, perekonomian warga menjadi terganggu, banyaknya sawah yang terendam yang dikhwatirkan dapat menyebabkan gagal panen.

“Agar warga masyarakat bersabar dengan bencana banjir yang melanda Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya diwilayah Kecamatan Putussibau Selatan, kita saling bekerjasama menangani bencana banjir ini. Kami dari pihak Polsek Putussibau Selatan akan semaksimal mungkin membantu masyarakat, akan kita lakukan pengaturan lalu lintas serta patroli diwilayah Kecamatan Putussibau Selatan”, tutur Ipda Cahya Purnawan.

Penulis : Henri
Editor   : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password