Erupsi Gunung Agung, Ditlantas Polda Bali Usir Sopir Truk yang Nekat Masuk ke KRB

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Masih adanya sejumlah sopir truk yang bandel mencari pasir Galian C dengan memasuki wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) Erupsi Gunung Agung, membuat Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. Drs. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. menggelengkan kepala. Pasalnya Gunung Agung terus mengalami peningkatan aktivitas, sehingga pihak PVMBG menaikkan status dari siaga ke awas.

Itu artinya, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki atau pengunjung atau wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, mulai dari radius 8 sampai dengan 10 km dari kawah Gunung Agung. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Ketika dikonfirmasi Kombes Pol. Drs. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. mengatakan, sangat menyayangkan adanya tindakan nekat para sopir truk itu. Para sopir seharusnya mengikuti imbauan dan petunjuk dari pemerintah, sehingga tidak ada korban jiwa jika Gunung Agung mengalami erupsi magmatik.

“Saya sudah perintahkan lima orang personel Ditlantas yang terlibat dalam Ops Aman Nusa Agung II-2017 untuk patroli secara intens di Desa Sebudi, Selat, Karangasem. Jika menemukan sopir truk yang bandel maka polisi akan melarang dan mengusir agar tidak masuk ke KRB,” ucap mantan Kabid Humas Polda Bali ini, Rabu (29/11/2017).

Perwira melati tiga ini meminta kepada para sopir truk, untuk sementara waktu tidak mengambil pasir di wilayah yang masuk KRB. Jika sudah diingatkan masih tetap bandel maka pihaknya tidak segan-segan akan mengambil tindakan tegas.

“Tindakan tegas itu bukan tanpa alasan. Kita tidak ingin, jika kendaraan truk nantinya akan menghalangi jalur evakuasi warga ketika terjadi erupsi. Ini demi kebaikan kita semua,” tegasnya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password