Kanit Binmas Hadiri Pelatihan Fardu Kifayah

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Kanit Binmas Polsek Suhaid Bripka Jemmy, menghadiri pelatihan Pelatihan Fardu Kifayah di Majid Jami’ Al Mutaqin Suhaid, Selasa (28/11/2017).

Pelatihan tahun ini diikuti sebanyak 40 orang dari Ibu – ibu Majelis Taqlim dan para tomas, toga, pemuda Kecamatan Suhaid yang di bawahkan oleh Kepala KUA Kecamatan Suhaid Bapak Ade Rahmat Karim.

“Dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam, maka dari itu, kegiatan ini wajib dilaksanakan,” kata Bripka Jemmy.

Untuk diketahui bersama, Kecamatan Suhaid hingga saat ini, masih tetap istiqamah, dalam menjalankan kegiatan ini.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini, untuk menambah dan mengembangkan wawasan tentang penyelenggaraan jenazah yang harus dimunculkan di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan.

Menggelar pelatihan jenazah sangat penting dilaksanakan, mengingat di era globalisasi ini, generasi muda hanya mementingkan kehidupan dan kepuasan batin mereka sendiri. Sehingga mereka tidak mau tahu masalah seperti kegiatan tersebut, salah satunya penyelenggara jenazah ini.

“Masalah tata cara penyelenggraan jenazah, memang cukup sulit ditemui di tengah-tengah masyarakat, terutama bagi generasi muda. Saat ini hanya beberapa kalangan generasi muda saja yang peduli terhadap bidang keumatan, terutama penyelenggaraan jenazah,” katanya.

“Akibatnya untuk melaksanakan fardu kifayah, biasanya didominiasi oleh para orang tua. Padahal, penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat islam masih ada”, tutur Ade Rahmat Karim.

Penulis : Irwan
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish :chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password