Erupsi Gunung Agung,Penerbanagn Dialihkan ke Jawa Timur

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim,Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin akan mengerahkan kekuatan dalam rangka antisipasi beralihnya penerbangan yang bersifat situasionil terkait gunung Agung di Bali maupun penerbangan lain yang dialihkan ke Jawa Timur.
Operasionalisasi mulai dari pengamanan bandara sampai dengan kelancaran arus lalu lintas ini akan diperhatikan oleh seluruh daerah. Sementara  situasi saat sekarang musim penghujan.Beberapa jalan yang menuju Surabaya mengalami gangguan, baik di perlintasan kereta api (KA) maupun perlintasan jalan.
Diberikan contoh, untuk menuju Jakarta, memang ada beberapa alternatif  jalan yang sudah direkomendasikan, salah satunya adalah lewat jalan tol, karena jalan yang dibawah itu tanggulnya masih diperbaiki.
Melalui Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Kapolda Jatim lebih lanjut menyampaikan, bahwa saat ini memang di beberapa Simpang Jalan di Surabaya mengalami genangan.
Bagi pengguna jalan yang pakai kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, harap mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, salah satunya adalah dengan melihat polisi lalu lintas (polantas) yang ada di jalan hendaknya dipatuhi, jangan sampai jalan yang sudah tadinya ingin lewati tetapi ternyata tergenang air, kemudian kendaraan tidak bisa berjalan akhirnya terjadi kemacetan yang panjang.
Disinggung pula di musim penghujan sekarang ini ada beberapa pohon tumbang, salah satunya kejadian di Mojokerto. Di Mojokerto itu mengalami hal yang terimbas langsung oleh derasnya hujan, pohon tumbang dan ranting-rantingnya juga mengalami patah.
Masyarakat diminta waspada dan juga melihat bahwa apa yang dilakukan di Surabaya ini khususnya kepada hal-hal yang berkaitan dengan ranting-ranting pohon dan pohon yang sudah tua ini dilakukan oleh Pemkot, hal ini  juga bisa ditiru oleh pemerintah daerah lain. Sehingga resiko daripada masyarakat terhadap ranting-ranting di musim penghujan ini dan pohon yang tumbang di musim penghujan ini berkurang.
Lebih lanjut Kapolda juga menyikapi dengan perkembangan situasi saat sekarang, seperti sekali lagi, musim hujan yang ada dan penerbangan yang sekarang memang beberapa daerah mengalami penutupan untuk sementara, karena situasi Gunung Agung yang belum bisa dikatakan normal untuk dilakukan penerbangan.  “Jatim menjadi tempat dimana penerbangan penerbangan itu dilakukan evakuasi di sini,” ujarnya, Senin (27/11/2017).
Selain itu, Polda Jatim juga melakukan  koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
“ Itu sudah kami lakukan intruksi, Kapolda untuk bersama” karena ini sifatnya tidak ada kerja parsial. Polda juga menyadari bahwa ada kepentingan lain, BNPB yang juga di gandeng dalam hal memperlancar arus kendaraan memperlancar yang namanya bencana ini karena bencana ini semua dikerjakan oleh semua baik pemerintah daerah kepolisian maupun BNPT dan semua kita koordinasikan dan hari ini dilaksanakan oleh Biro Operasi untuk melakukan koordinasi kepada BNPB dan instansi lain,” lanjutnya.
“Tergantung situasionil di lapangan yang berkembang. Lalu lintas saja gitu kan kalau seumpama jalan-jalan mengalami longsor maka Polres terdekat dengan sadar akan digerakkan sekaligus menggunakan  alat berat. Personil kita cukup banyak untuk melakukan yang namanya back up terhadap kepentingan daripada masyarakat yang berada di lokasi tersebut,”.

Penulis  : Ice / hms jtm
Editor    : Alfian Nur
Publish  : Ice

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password