Bhabinkamtibmas Desa Nanga Sambus Monitor Daerah Banjir di Desa Binaannya

Tribaratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Keluar masuk Desa, turun naik rumah ke rumah memang sudah menjadi tugas seorang Bhabinkamtibmas untuk membina masyarakat, menyampaikan himbauan dan melayani masyarakat masyarakat memang sudah dilaksanakan Briptu Suprayogo selaku Bhabinkamtibmas Desa Nanga Sambus Kecamatan Putussibau Utara.

Tidak pandang situasi, apabila sudah tugasnya dan sesuai perintah dari pimpinan maka tugas tersebut harus dilaksanakan, baik itu dalam kondisi panas terik maupuan hujan dan banjir sekalipun.

Desa Nanga Sambus yang berada antara DAS Mendalam dan DAS Sibau ini memang kerap menjadi langganan banjir bila memasuki musim penghujan, hal tersebut lah yang menjadi dasar Briptu Suprayogo harus melawan genangan air untuk memonitor dampak curah hujan yang meningkat saat ini yaitu banjir yang disebabkan meluapnya debit air kedua sungai tersebut.

“Dusun yang sudah terendam banjir yaitu Dusun Sambus Hilir serta jalan menuju ke DAS Mendalam, untuk ke dalaman air di Desa Nanga Sambus yang terendam banjir kurang lebih 60 cm“ ungkap Yogo, panggilan akrabnya, Senin (27/11/17).

Lebih lanjut Suprayogo menambahkan bahwa Ia telah melakukan monitoring daerah sebaran banjir di Desa Nanga Sambus sejak hari Minggu kemarin dan dilanjutkan hari ini, Senin 27 Nopember 2017 sekitar pukul 10.00 wib pagi tadi dikarenakan harus terlebih dahulu memperbaiki motor dinasnya yang macet akibat melintasi jalan yang tergenang banjir.

“Sebagai tindak lanjut dari hasil monitor, Saya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Nanga Sambus untuk langkah penanggulangan dan beberapa langkah yang harus dilakukan apabila ternyata nantinya kondisi air semakin tinggi” tambah Suprayogo.

Kepada warga telah saya sampaikan agar tetap waspada terhadap bencana banjir, mengingat debit air semakin naik dan kuantitas curah hujan juga masih tinggi, hasil monitoring ini akan saya laporkan kepada Kapolsek selaku pimpinan saya di Polsek Putussibau Utara, imbuh Suprayogo.

Penulis : Harris Jum’anianda
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password