Polda Sulut Dukung Langkah Kanwil DJBC Razia Miras Tanpa Cukai

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Sulawesi Bagian Utara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum lainnya diantaranya Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah berhasil menyita ratusan karton minuman keras (miras) illegal yang beredar di Sulawesi Utara.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Sulawesi Bagian Utara Cerah Bangun, saat menggelar konferensi pers bersama wartawan, di Gedung Keuangan Negara, Jalan Bethesda No 68, Manado, Senin (27/11/2017) yang juga dihadiri oleh Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Dijelaskannya, pihaknya berhasil menyita sebanyak 754 karton miras ilegal yang beredar di beberapa wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Utara, yaitu Manado, Minsel, Minahasa, Tomohon dan Kotamobagu. Miras tersebut ditemukan dalam kurun waktu bulan Oktober hingga awal November 2017.

“Petugas menemukan ratusan karton minuman keras tersebut tidak dilekati pita cukai yang merupakan bukti pembayaran terhadap pungutan cukai,” jelas Kakanwil DJBC Sulbagtara.

Tindakan penyitaan ini menurutnya dilakukan untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya yang ditimbulkan dari beredarnya barang-barang ilegal. Selain itu dengan beredarnya barang-barang tersebut dapat mengancam perusahaan-perusahaan yang taat pada aturan, sehingga penindakan ini juga ditujukan untuk menjaga keberlangsungan industri yang taat hukum.

Terhadap perusahaan yang melanggar cukai tersebut, pihaknya akan melakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku .

Dari kasus ini, kedua perusahaan yang diduga melakukan pelanggaran yaitu PT GMAB dan CV SA disinyalir telah melakukan tindak pidana di bidang cukai sesuai dengan Undang-Undang Cukai Nomor 39 Tahun 2007 pasal 52 dan/atau pasal 54.

Upaya yang dilakukan jajaran Bea Cukai tersebut mendapat apresiasi dari Polda Sulut. “Polda Sulut mengapresiasi apa yang dilakukan Kanwil Bea Cukai dan kita akan mendukung dan sepenuhnya siap berkoordinasi apabila memang ada langkah-langkah yang akan kita lakukan lagi kedepan,” tandas Kabid Humas.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password