Ini Keempat Remaja yang Kerap Membegal Orang Pacaran di Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Timsus Ranmor Polrestabes Makassar telah mengamankan lelaki diduga kelompok curas di Jalan H. Kalla Campagaya Makassar, Sabtu dini hari (25/11/2017).

Timsus yang dipimpin oleh Dantim Aiptu Budiman Nur mengamankan lelaki AP (15) warga Jalan H. Kalla II Campagaya Makassar, lelaki KW (14) warga Jalan H. Kalla II Campagaya Makassar, lelaki EW (17) Jalan Urip Sumoharjo Lrg 1 dan lelaki AD (15) warga Jalan H. Kalla II Campagaya Makassar.

IMG_20171125_221332_184-768x76

Kasubbag Humas Polrestabes Makassar AKP La Ode Idris menjelaskan, Bermula Timsus menerima pengaduan dari korban yang menceritakan, saat kejadian pelaku mengancam menggunakan parang dan busur serta pisau lalu merampas barang miliknya kemudian menyebutkan ciri-ciri pelaku.

Berdasarkan laporan Polisi  selanjutnya Timsus melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka yang selama ini meresahkan.

AKP La Ode Idris mengatakan korban kebanyakan adalah pasangan muda mudi yang sedang berpacaran dan mencari tempat yang sepih.

“Kelompok begal/curas ini kebanyakan korbannya muda mudi diperas dan ditodong menggunakan Sajam untuk menyerahkan harta yang dimiliki”, ungkapnya.

Dari hasil introgasi polisi, pelaku mengakui melakukan aksinya di beberapa tempat di Kota Makassar.

Sebanyak 12 kali di Jalan Urip Sumoharjo (perkuburan kristen) dengan modus yang sama mengancam para korban menggunakan parang dan busur serta pisau lalu merampas barang berupa HP serta dompet yang berisi dalam dompet milik korban, sementara dompet milik korban beserta isi surat-surat penting dibuang di jalanan.

Jalan Veteran Ujung korban perempuan berboncengan dengan laki-laki menggunakan sepeda motor Yamaha Mio J warna merah / putih kerugian barang berupa HP Vivo android warna gold yang sementara korban gunakan menelpon.

Jalan Antang sebelum pasar, korban seorang perempuan mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna biru putih, kerugian barang berupa HP Blackberry warna hitam disimpan dikantong motor yang sementara mendengarkan lagu.

Jalan Tanjung melewati jembatan, korbannya security berpakean dinas seorang perempuan mengendarai sepeda motor Honda Beat warna hitam kerugian berupa dompet yang isinya uang tunai Rp. 200.000.- lebih.

Saat ini pelaku bersama barang bukti berupa sebilah parang, alat pelontar busur / Ketapel, 2 Unit HP Nokia dan 1 Unit HP VIVO milik korban telah diserahkan di Polsek Panakukang guna penyelidikan / penyidikan lebih lanjut.

Pengamat Sosial khusus masalah kemiskinan dari Universitas Indonesia, Priadi Permadi mengatakan faktor maraknya aksi begal (curas) didorong dengan adanya iklan maupun film di televisi yang menunjukkan hidup bergelimangan harta. Akibatnya, orang pun akan menggunakan segala cara agar bisa menjadi seperti itu.

Selain itu, faktor penegakan hukum pun tak luput dari perannya dalam meningkatkan jumlah kriminalitas. Dengan jumlah aparat kepolisian yang kurang, ditambah faktor ekonomi para penegak hukum tersebut, menjadi faktor lainnya kriminalitas seperti pembegalan meningkat.

“Seharusnya penegak hukum pun memberikan hukuman yang setimpal bagi para pelaku kriminal tersebut. Jangan sampai kasus anak jalanan yang kemudian ditangkap dan bebas setelah ditebus menjadi salah satu faktor membuat anak jalanan tersebut berani melakukan kriminalitas lebih tinggi,” ucapnya.

Solusi yang dapat dilakukan untuk menghindarkan anak-anak dalam masalah seperti ini terutama orang tua dan pemerintah. Para orangtua seharusnya bersikap ekstra hati-hati dan memantau secara rutin setiap tahap perkembangan anaknya. Lalu pemerintah harus bekerja lebih maksimal lagi dalam mensejahterakan rakyatnya.

Misalnya, meringankan biaya pendidikan agar anak-anak memiliki ilmu dan skill yang bisa digunakan untuk meringankan beban orang tua mereka. Lalu memberikan dana/uang jatah bulanan kepada warga miskin. Membatasi jumlah penduduk tiap tiap pulau, sehingga tidak ada pertumbuhan yang terlalu tinggi di salah satu pulau/ pemindahan orang–orang ke pulau lain.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password