Warga Kampung Damai Sambut Warga Tembagapura dengan Bakar Batu

tbl1

Tribratanews.polri.go.id Bakar batu sambut warga yang mengungsi dari wilayah utikini, kimbeli dan banti dilaksanakan d diatrik kwamki narama, sabtu 25/11/2017.

Bakar batu merupakan suatu budaya yang dilaksanakan turun temurun oleh masyarakat papua.

Kali ini masyarakat dari suku dani melakukan kgiatan bakar batu dalam menyambut tamu mereka, tamu yang dimaksud adalah warga yang mengungsi dari kampung utikini, kimbeli dan banti.

Menurut barbanus waker yang merupakan kepala kampung kwamki narama yang ikut melaksanakan bakar batu menjelaskan bahwa kegiatan bakar batu ini dilaksanakan untuk menyambut saudara dan keluarga yang datang.

“Mereka adalah tamu kita, sehingga secara adat dan budaya, kami harus menyambutnya dengan cara bakar batu” terang barbanus waker.

Bhabinkamtibmas Bambang triadmojo selaku pembina masyarakat dikampung kwamki mengatakan, batu yang dibakar ini diperuntukan untuk tempat membakar babi dalam menjamu keluarga mereka yang datang.

5355

Ditambahkan oleh aiptu bambang bahwa babi yang dibakar untuk menjamu warga yang datang dari utikini, kimbeli dan banti sebanyak 21 ekor, dan dibakar pada 3 lokasi, nantinya akan dimakan secara bersama.

Masyarakat kwamki narama menyambut keluarganya yang mengungsi dengan senang hati sehingga menyambutnya dengan adat, tutup aiptu bambang.

Kapolsek kwamki lama pada kesempatan itu juga menekankan agar kepada seluruh warga utk tidak melakukan kegiatan yang dapat mengganggu kamtibmas seperti anak-anak muda yang masih sering mengkomsumsi alkohol.

“Jangan pengaruhi saudara-saudara kita yang baru datang dari tembagapura untuk melakukan kegiatan yang mengganggu kamtibmas”, himbau kapolsek.

Kepada para tokoh agama agar menunjukan perannya sebagai pelayan, jangan seperti yang lalu pernah terjadi seorang tokoh agama pegang alkitab di tangan yang satu, tangan yang lain pegang panah, layani masyarakat dengan benar.

Acara bakar batu ditutup dengan siraman rohani dari bapak pendeta niko waker selaku ketua GKII dari sembilan kabupaten pegunungan tengah.

Penulis : Sosra

Editor : Alfian Nur

Publish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password