Awasi Dana Desa, Polres Ciamis Laksanakan Sosialisasi Kepada Kepala Desa

Tribratanews.polri.go.id – Polres Ciamis, Bertempat di Auditorium Universitas Galuh, Kab Ciamis telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan dana desa dari RKUD ke RKD tahun Anggaran 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Ciamis. Rabu (1/11/2017)
Pada kegiatan ini dihadiri oleh Asda 1 Setda Ciamis, Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Iskandar Hartana S,Sos, ‎Kejari Ciamis, ‎Kapolsek Jajaran Polres Ciamis, ‎Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Ciamis, Camat se Kab. Ciamis, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Ciamis bserta staf, Kepala Desa se Kabupaten Ciamis.

IMG_20171124_213636
Dalam kegiatan tersebut sambutan dari Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Ciamis melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan wawasan terkait penyaluran Dana Desa yang berdasarkan tugas dan fungsinya agar kegiatan penyaluran berjalan dengan lancar, untuk penyaluran Dana Desa dilaksanakan 2 tahap yiatu tahap 1 sudah selesai disalurkan dan tahap 2 rencananya akan disalurkan pada bulan Nopember 2017.

Selanjutnya Asda 1 Pemkab Ciamis menjelaskan terkait penekanan-penekanan kepada Kepala Desa agar dalam pengelolaan keuangan Dana Desa dapat berjalan dengan baik.

Kejaksaan Negeri Ciamis dalam sambutannya menekankan tentang agar para Kades mengelola dana desa dengan baik, patuhi dan pedomani peraturan Menteri dalam negeri RI tentang pengelolaan dana desa, dalam pengelolaannya lakukan secara transparan, dalam penyusunan Dana Desa harus jelas jangan sampai dalam pelaksanaannya keluar dari perencanaan, saling mengingatkan antara pegawai desa jgn membuat data fiktif dan pemalsuan tandatangan.

Selanjutng Kabag Ops Polres Ciamis Kompol ISKANDAR menerangkan aturan-aturan terkait pengelolaan keuangan negara sehingga jelas apabila ada ketidak sesuaian dengan perencanaan pengelolaan keuangan / pelanggaran keuangan akan masuk dalam Tindak Pidana Korupsi. Kepolisian telah membentuk Tim Satgas pencegahan penyelewengan Dana Desa, yang berdasarkan pada MOU antara Kementrian Desa dng Kapolri untuk monitoring dan mengamankan Dana Desa. Adapun potensi permasalahan Dana Desa yaitu dalam bidang perencanaan dan bidang pelaksanaan yaitu pengelolaan tidak tertib/sesuai dengan perencanaan anggaran. Alokasi Dana Desa dipergunakan untuk penyelenggaraan dan pembangunan desa. Implementasi nota kesepahaman melibatkan Pemda untuk melakukan pengawalan pengelolaan dana desa dan pada saat pencairan melalui rekening desa minta pengawalan dari pihak Kepolisian untuk meminimalisir tindak pidana pencurian dengan modus kempes ban dan lain-lain.

Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Ciamis menjelaskan tentang Tata kelola Dana Desa, Kepolisian dalam hal ini bertugas melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa. Undang-Undang No. 6 tahun 2014 merupakan ruh bagi kepala desa dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa, kalau sudah berbicara Undang-undang dan peraturan pemerintah maka tidak ada tawar menawar lagi harus laksanakan sesuai juklak dan juknisnya, dalam kesempatan ini saya ingatkan jangan ada penggelapan anggaran, pemotongan anggaran, pelaporan yang tidak jelas atau fiktif. Jika kepolisian menerima laporan pengaduan tentang adanya pelanggaran tata kelola Dana Desa maka kami akan melakukan lidik dan Sidik Tuntas.

Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung situasi berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Penulis : Asri

Editor : Alfian

Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password