Awasi Dana Desa, Kapolres Ciamis Sosialisasi Kepada Kepala Desa dalam Apel 3 Pilar

Tribratanews.polri.go.id – Polres Ciamis – Bertempat di Aula Setda Kab. Pangandaran telah dilaksanakan kegiatan apel tiga pilar dalam rangka Sosialisasi TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah), MoU Kapolri tentang Pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa serta percepatan program inovasi desa Kab. Pangandaran. Selain daripada aspek pencegahan bijuga tentang aspek penegakkan hukum.  Selasa (14/11/2017)

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.15 Wib dan diikuti oleh 200 orang dan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, Ketua DPRD Kab. Pangandaran, Sekda Kab. Pangandaran, Unsur Forkopimda Kab. Pangadran, Asda I Kab. Pangandaran, Kepala SKPD terkait, Muspika se-Kab. Pangandaran, Kepala Desa se-Kab. Pangandaran, Kanit Binmas beserta Bhabinkamtibmas di lingkup polsek Kab. Pangandaran, Babinsa Koramil se-Kab. Pangandaran, Ketua Apdesi Kab. Pangandaran, Ketua PPDI Kab. Pangandaran, Perwakilan LSM se-Kab. Pangandaran.

IMG-20171124-WA0071

Pada kegiatan tersebut Kapolres Ciamis memberikan sambutan yang berisi bahwa tiga pilar ini merupakan ujung tombaknya negara dan berkaitan dengan regulasi terkait MoU nanti yang mencakup pengawasan, pembinaan dan pengelolaan anggaran desa serta dalam aspek penegakan hukum, maka dari itu jajaran Kepolisian dan TNI tidak hanya mengutamakan aspek pencegahan  dalam hal pengawasan dana desa tetapi juga dalam aspek penegakkan hukum,

Pada kesempatan tersebut juga Kapolres Ciamis mengharapkan partisipasi dari semua pihak yang hadir untuk bersama-sama dengan TNI – Polri untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Selain dari Kapolres Ciamis dilakukan juga sosialisasi oleh Unit Tipikor Polres Ciamis yang membahas tentang Tata kelola Dana Desa, Kepolisian dalam hal ini bertugas melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa. Undang-Undang No. 6 tahun 2014 merupakan ruh bagi kepala desa dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa.

Selanjutnya Bupati Pangandaran menyampaikan bahwa tiap desa yang ada di Kab. Pangandaran sebanyak kurang lebih Rp. 1 M dari 93 Desa yang ada di Kab. Pangandaran, adapun persoalan yang mendasar yaitu dari kapasitas desa yang terbatas, perencanaan penganggaran, sistem yang  sederhana karena banyak ditemukannya laporan penggunaan keuangan desa yang masih belum sistematis, maka dengan adanya giat tersebut, serta telah dilaksanakan MoU maka harus jadi sistem yang diperkuat oleh regulasi antra babinsa dan bhabinkamtibmas agar supaya bisa menjadi rekan dengan Kepala Desa.

Selama kegiatan berlangsung dapat dilaksanakan dengan lancar dan kondusif, dan diharapakan dengan dilaksanakannya kegiatan dan disampaikannya terkait Pilkada serentak Tahun 2018, maka seluruh peserta Apel Tiga Pilar dapat menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Penulis : Asri

Editor : Alfian

Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password