Kapolres Lampung Utara Launching Rumah Aman Anak dan Wanita Serta Pos Tiga Pilar Kamtibmas

launching

Tribratanews.polri.go.id  – Polda Lampung. Bertempat di Aula Rekonfu Mapolres Lampung Utara Kepala Kepolisian Resor Lampung Utara AKBP Eka Mulyana, S.I.K secra resmi melaunching program rumah aman anak dan wanita (rumawan) serta pos tiga pilar kamtibmas (epilek), Jum’at (24/11/17).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0412 LH Letkol Inf. R.D.  Bakhtiar. K, asisten I pemkab Lampung Utara Yuzar, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. Maya Manan, seluruh PJU Polres Lampung Utara, Kapolsek, Danramil, Babinsa, Babinkamtibmas, serta SKPD terkait.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. Maya Manan dalam sambutannya mengatakan, saat ini ada 41 kasus kekerasan anak dan perempuan serta KDRT sebanyak 32 kasus ke P2TP2A.

Dengan diluncurkannya program ini, pihaknya mengapresiasi karena ini wujud sinergitas dengan Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. ” Program Bapak kapolres ini sengat dibutuhkan oleh masyarakat Lampung Utara khususnya perempuan dan anak yang betul – betul membutuhkan bantuan tersebut”, ujarnya.
‎‎
Kapolres Lampung Utara AKBP Eka Mulyana, S.I.K dalam sambutannya ‎mengatakan, latar belakang adanya program ini, karna banyak kejadian terkait kekerasan anak yang terjadi di Kab. Lampung Utara. ” Sekarang rawan terjadinya pencabulan, kekerasan terhadap anak dan perempuan. Karena itu kita akan melakukan kegiatan preventif, dengan membuat program rumah aman anak dan wanita “, kata Kapolres.

Untuk mengakomodir, sekaligus mengurangi kejadian yang berkaitan anak dan perempuan dengan personil terbatas, Babinkamtibmas terbatas, pos polisi terbatas, sebab itu kita cari kemitraan. Nantinya tiap desa ada tiga rumah sehinga nantinya ada 714 rumawan, untuk sekarang baru ada 317, dari 714 rumah aman anak dan perempuan di Lampung Utara. ” Ada kriteria yang dijadikan rumah aman anak dan wanita, kesediaan pemilik rumah, kesiapan dalam 24 jam dalam menerima tamu yang berkunjung. Jelas AKBP Eka Mulyana, S.I.K

Dengan bersama ini juga Kapolres Lampung Utara melaunching pos tiga pilar kamtibmas yang terdiri dari Aparat Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas. Pos tega pilar kamtibmas ini betujan untuk mempercepat penyelesaian masalah yang terjadi di masing – masing Desa untuk dilakukan rembuk pekon untuk mencari solusinya. Untuk mempercepat pelaksanaannya nanti ada nomor call center di masing-masing Polsek, uacap Kapolres.

Dan nomor itu akan terdistribusi ke aparat Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas. ” Saya berharap ‎kepada semua pihak dapat mensukseskan program ini, karna keamanan dan ketertiban tanggungjawab kita bersama,” tutup Kapolres Lampung Utara AKBP Eka Mulyan, S.I.K. (*) ‎

Penulis    : Heri Polres Lampung Utara
Editor      : Alfian Nur
Publish    : Heriyanto, Sh

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password