Kepala Suku: Selama Ini Memang Ada Ancaman KKB di Kimbeli

tribratanews.polri.go.id-Papua. Kepala suku Kimbeli Bapak Kamaniel Waker, akui kalo selama ini ada ancaman dari Kelompok KKB terhadap warga, baik yang berada di Kimbeli, Utikini maupun Banti.

Bapak Kamaniel mengatakan sebelum aparat kepolisian dan TNI datang untuk menyelamatkan warga di Kimbeli, mereka (KKB) melakukan kekerasan terhadap warga seperti melakukan pemukulan terhadap warga, merampas handphone warga dan melakukan pemerkosaan serta hampir melakukan pembunuhan.

Bapak Kamaniel disini berhadapan langsung dengan kelompok KKB/OPM dengan tegas menantang mereka kalau mereka mau membunuh OYAME (orang rambut lurus dalam adat mereka) maka KKB harus bunuh Bapak Kamaniel terlebih dahulu.

“kamu bunuh saya dulu, baru bunuh Oyame, kalau tidak kita perang,” kata Bapak Kamaniel kepada KKB/OPM.

Bapak Kamaniel juga menjelaskan kalau mereka (KKB/OPM) tersebut juga adalah keluarganya, Bapak Kamaniel sudah siap angkat panah kalau mereka berani melakukan pembunuhan kepada OYAME.

Sebelumnya para OYAME ini ditampung oleh Bapak Kamaniel didalam rumahnya, karena mendapatkan kekerasan dan ancaman dari KKB.
Beberapa hari terisolasi, para warga ini bergabung baik dari warga asli papua maupun pendatang (Oyame) di rumah Bapak Kamaniel, mereka makan bersama, mereka makan apa yang tersisa di kampung karena beberapa hari sebelumnya wilayah Utikini, Kimbeli dan Banti dikuasai Kelompok KKB/OPM.

Setelah aparat TNI dan Polri menyelamatkan mereka dari terisolasi yang dilakukan oleh KKB, Bapak Kamaniel bersama warganya saat ini tingal di penampungan sementara di Kota Timika, di Gedung Eme Neme Yauware.

Penulis: Bunaya
Editor : Alvian Nur
Publish: Bunaya

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password