Kurang dari 24 Jam, Polisi Berhasil Menangkap 2 Pelaku Pencurian Uang Tunai 50 Juta di Biak

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Tim Opsnal Sat. Reskrim Polres Biak Numfor berhasil menangkap 2 pelaku pencurian uang tunai 50 juta rupiah yang terjadi di depan toko jusma jalan Sisingamangaraja Biak Kota pada Kamis (23/11/2017) kemarin siang sekitar pukul 14.30 wit.

Kedua pelaku masing-masing dengan inisial AR (25 tahun) dan KPC (30 tahun) ditangkap oleh tim opsnal Polres Biak di bandara Frans Kaisefo bahkan salah satunya sudah berada diatas pesawat dengan tujuan Jayapura pada hari Jum’at (24/11/2017) pukul 06.30 WIT pagi.

Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori, SIK didampingi Kasat Reskrim AKP I Wayan Laba, SH bersama Kanit Opsnal Aiptu Ruslan Umagapi didepan media mengatakan bahwa kasus pencurian itu berawal saat korban an. Ibu Sahari telah mengambil uang tunai di salah satu bank yang ada di Biak sebesar Rp. 61.000.000,- (enam puluh satu juta rupiah) kemudian uang tersebut dibagi menjadi 2 bagian, sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) korban masukkan kedalam amplop dan disimpan dalam jok motor, sedangkan yang Rp. 11.000.000,- (sebelas juta rupiah) korban masukan kedalam tas.

“Kedua tersangka mengikuti korban dari Bank Papua Sampai di depan toko Jusma jln. Sisingamangaraja Biak, pada saat korban memarkir kendaraan dan masuk kedalam toko Jusma, tersangka AR mengambil Uang Sebesar 50 juta dari jok motor milik korban, sedangkan tersangka KPC menunggu di sepeda motor, “terang Kapolres.

Ditambahkan Kapolres bahwa setelah mendapatkan laporan, tim opsnal Polres Biak mendatangi TKP kemudian mengambil rekaman CCTV. Dari rekaman tersebut terlihat pelaku menggunakan supra X 125 nomor polisi DS 2823 CC yang mana pemiliknya adalah Ibu Kos pelaku. Lewat bantuan ibu kos dan anaknya serta petunjuk bukti pembelian sepatu dan kacamata untuk di gunakan pada saat berangkat, Tim Opsnal berhasil meringkus kedua pelaku saat hendak melarikan diri ke jayapura menggunakan pesawat. Dan dari pengakuan pelaku KPC yang berhasil tertangkap dibandara yang menyampaikan bahwa salah satu pelaku lainnya sudah berada diatas pesawat untuk melarikan diri, kemudian tim berkoordinasi dengan pihak bandara untuk mengecek pelaku di atas pesawat, dan betul pelaku sudah berada di atas pesawat, dan berhasil diringkus dan diturunkan kemudian di amankan ke kantor Polres Biak Numfor untuk proses selanjutnya.

“Saya mengapresiasi kinerja tim opsnal Sat. Reskrim yang telah bergerak cepat dan berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku pencurian tersebut dalam kurung waktu kurang dari 24 jam, “tandas Kapolres.

Adapun barang bukti yang berhasil disita :
1. Uang Tunai 4 Juta 70 ribu rupiah.
2. 1 lembar kartu ATM bank Mandiri dengan saldo 40 juta.
3. 2 Lembar Tiket pesawat Biak-Jayapura
4. 1 unit Sepeda Motor Supra X 125 yang digunakan pelaku.
5. 2 pasang sepatu
6. 1 buah tas ransel berisi pakaian pelaku.
7. 2 unit Hanphone. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password