Rekrutmen Selektif dan Berkualitas, Lahirkan Personel Polri Profesional

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ditengah perkembangan zaman yang demikian pesat serta semakin canggihnya modus operandi pelaku kejahatan, Polri dituntut lebih maju satu langkah dan tidak tertinggal dengan setiap kemujuan teknologi saat ini. Profesionalisme dan integritas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menjawab tantangan tersebut.

Keseluruhan hal tersebut diatas bisa diawali dari proses rekrutmen yang baik. Rekrutmen harus bisa mendapatkan personel yang mumpuni, cerdas, unggul dan berkualitas. Selama ini dalam rekrutmen anggota Polri cenderung bersikap menunggu para pelamar yang datang mendaftarkan diri ke satuan-satuan Kepolisian. Sejak beberapa tahun terakhir, Polri mulai merubah pola dengan aktif mensosialisasikan pendaftaran melalui berbagai media dan menjemput bola ke sekolah-sekolah. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan bibit-bibit unggul yang nantinya akan menjadi penerus Polri di masa depan.

Tak mau ketinggalan, Polres Trenggalek juga melakukan hal serupa. Sebagai langkah awal, Bagsumda sebagai penanggungjawab rekrutmen menggelar penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jumat (24/11).

Penandatanganan yang dilaksanakan di Rupatama Polres Trenggalek tersebut ditandatangani oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Andi Febrianto Ali, SE dan Sekda Kabupaten Trenggalek Ali Mustofa disaksikan oleh pejabat utama Polres Trenggalek, Kadispora, Kadisdukcapil, Kepala BKD, Kadisdik, Kacabdin Pendidikan Provinsi Jatim, Kepala Kemenag Trenggalek dan tamu undangan lainnya.

Dalam nota kesepahaman itu disebutkan bahwa sebagai objek kesepakatan adalah penelusuran, pembinaan dan pelatihan bagi putra putri yang berprestasi di bidang akademik rangking 1-10, juara olimpiade olahraga dan sains tingkat internasional, nasional dan provinsi, juara pekan olahraga, keagamaan, teknologi informasi, seni dan kepramukaan.

“MoU ini diperuntukkan bagi putra-putri berprestasi yang merupakan pelajar kelas XII SMA sederajat atau yang telah lulus maksimal 2 tahun” jelas Kompol Andi.

“Kita berikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik untuk bergabung dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui Polri. Kita berikan pelatihan-pelatihan menghadapi seleksi pendaftaran nanti” tambahnya.

Senada, Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Sumilih, SH menuturkan, kerjasama lintas instansi tersebut tertuang dalam MoU Nomor : B/KSB-1648/XI/2017 tentang Pembinaan dan Pelatihan Putra Putri yang Berprestasi Dalam Penerimaan Calon Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Nomor : B/1649/XI/2017 tentang Program Pembinaan dan Pelatihan Putra Putri Trenggalek yang Berprestasi Bagi Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2018.

“Kegiatan sudah berjalan. Dimulai awal November ini sampai akhir bulan Januari 2018” jelas Kompol Sumilih.

Sejak dibuka, sudah 160 orang yang mendaftar dan mengikuti sesi latihan yang diselenggarakan oleh Polres Trenggalek. Para peserta tersebut merupakan pelajar sekolah menengah se-Kabupaten Trenggalek yang berprestasi sesuai dengan hasil penelusuran dan rekomendasi yang diberikan oleh masing-masing sekolah.

Sedangkan materi pelatihan yang diberikan meliputi tes Kesamaptaan jasmani, diantaranya lari 12 menit, push up, sit up, pull up, shuttle run dan renang. Sebagai instruktur dan pengawas adalah anggota Polres Trenggalek yang memang sudah berpengalaman di bidang Kesamaptaan. Selain itu juga disiagakan tim medis dari Urkes Polres Trenggalek untuk memantau perkembangan fisik dari masing-masing peserta.

“Diharapkan, dengan pelatihan ini animo pendaftar meningkat dan mendapatkan calon-calon anggota Polri yang kapabel dan berkualitas. Dan satu lagi, pelatihan ini semuanya gratis” pungkas Kompol Sumilih.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password