Ditpam Obvit Polda Riau Study Banding Verifikasi SMPH di Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali ,  Kabag Binops Ditpam Obvit Polda Riau, AKBP Drs. Mompang Harahap bersama Kasubdit Wisata AKBP Heru Martaya melaksanakan study banding mengenai verifikasi Sistem Manajemen Pengamanan Hotel (SMPH) di Pullman Hotel and Resort, Bali Legian Beach di Jalan Pantai Kuta, Badung, Kamis (23/11/2017). Kegiatan ini didampingi Tim Verifikasi SMPH Polda Bali yang dipimpin langsung Kasubdit Wisata Polda Bali AKBP Dra. Indrayati.

Tiba di hotel, Tim Verifikasi disambut Mr. Frank Liason selaku Manajer Pullman Hotel and Resort. Bahkan, selama kegiatan berlangsung pihak manajemen hotel terus mendampingi tim ketika mengecek seluruh isi hotel. Pengecekan melibatkan personel yang memiliki kemampuan dan kompetensi dibidangnya, antara lain Sat Brimob, Biro Ops, Bidang TI, Ditreskrimsus dan PHRI Bali.

AKBP Dra. Indrayati ketika dikonfirmasi mengatakan, kegiatan SMPH ini sudah berlangsung dari tahun 2013. Pada intinya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan pembinaan dan memberikan pertimbangan serta nasehat kepada pihak hotel dalam menerapkan sistem manajemen keamanan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa jika terjadi bencana seperti kebakaran, gempa bumi dan tsunami. Selain itu, juga untuk mencegah kriminalitas yang terjadi di area hotel. “Tujuannya adalah agar hotel lebih safety saat memberikan pelayanan kepada tamu,” ucapnya.

“Kegiatan diawali dengan pengecekan di front office, untuk mengecek data tamu dan bagaimana sistem pembayarannya dengan menggunakan kartu kredit dan mencegah terjadinya transaksi uang palsu. Tim juga mengecek peralatan emergency, CCTV, rute evakuasi, petugas security, engineering serta food and beverage, bahkan sampai dengan pembuangan limbah. Pokoknya kita cek semua, termasuk kitchen,” tegas perwira melati dua ini.

Dijelaskannya, setelah melakukan verifikasi ini, pihaknya akan melayangkan surat rekomendasi tentang apa saja yang menjadi temuan dan harus ditindak lanjuti oleh pihak hotel. “Hotel ini sudah diverifikasi dua kali dan kita lihat sudah ada perkembangan sangat bagus. Dulu hanya terpasang 58 CCTV, sekarang sudah ada 84 CCTV. Bahkan sudah dilengkapi dengan tali panjat dan pintu masuknya sudah menggunakan finger print,” imbuhnya.

Usai dilakukan verifikasi, pihak hotel akan diberikan sertifikat yang berlaku selama tiga tahun dan ditandatangani Kapolda Bali. “Selama tiga tahun itu, pihaknya akan melaksanakan supervisi ke hotel untuk mengecek kembali apakah rekomendasi yang kita berikan sudah di follow up apa belum,” terangnya.

Sementara AKBP Drs. Mompang Harahap mengungkapkan, Polda Riau melaksanakan study banding ke Polda Bali dalam rangka menindak lanjuti MoU antara Kapolri dengan PHRI terkait SMPH. Kapolri memerintahkan seluruh Kapolda untuk melaksanakan study banding terkait pengamanan hotel ke Polda Bali, karena di Polda Bali sudah melaksanakan dari tahun 2013.

Menurutnya, verifikasi SMPH mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kunjungan wisatawan. Para wisatawan akan lebih memilih hotel yang sudah diverifikasi oleh tim dari Polda Bali bersama dengan PHRI. Ini adalah modal utama untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat yang akan menginap di hotel.

“Jadi salah satu syarat pemilihan orang mau tinggal di hotel itu adalah apakah dia sudah mendapat sertifikasi SMPH dari Polda Bali. Itulah yang menjadi standart, sehingga kami diperintahkan oleh Kapolda Riau untuk melaksanakan study banding ke Polda Bali. Karena sampai sekarang jajaran Polda Riau belum melaksanakan secara maksimal,” ungkapnya.
Usai melaksanakan study banding, perwira ramah dan murah senyum ini mengaku akan langsung bekerja sama dengan PHRI Provinsi Riau untuk melaksanakan verifikasi SMPH sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Polda Bali.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Bali, Dirpamobvit dan Kasubdit Wisata beserta jajarannya yang telah membawa kami langsung melaksanakan atau melihat secara langsung tentang pelaksanaan verifikasi ini. Kemudian nanti bisa kami terapkan di Polda Riau,” kata AKBP Drs. Mompang Harahap.

Sedangkan Mr. Frank Liason menyampaikan terima kasih dan mengaku senang dengan adanya verifikasi SMPH dari Polda Bali. Dengan adanya verifikasi ini pihaknya banyak mendapat masukan terkait safety, security, makanan dan keselamatan tamu serta karyawan hotel.

“Verifikasi SMPH ini mengacu pada safety standar internasional dan itu sudah kami terapkan. Kita sangat berterimakasih sudah mendapatkan audit dan masukan-masukan yang sangat berguna untuk kita,” ucapnya dalam bahasa inggris.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password