Sosialisasi Saber Pungli Demi Stop Pungutan Liar Di Provinsi Lampung

Tribratanews.polri.go.id  Lampung / Polres Metro, berdasarkan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Provinsi Lampung, maka menanggapi hal tersebut pada hari Kamis (23/11/17) yang bertempat di Hotel Grand Sekuntum Kota Metro telah dilaksanakan sosialisasi Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang dipusatkan di Kota Metro dengan diikuti oleh seluruh Polres (12 Polres) jajaran Polda Lampung.

Kapolres Metro AKBP Umi Fadilah Astutik, S.Sos., S.ik., M.Si menghadiri kegiatan tersebut dengan Forkompinda Provinsi Lampung, pimpinan OPD Provinsi Lampung, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Lampung, jajaran Pemerintah Kota Metro, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Metro yang mengapresiasi sosialisasi Satgas Saber Pungli ini karena kegiatan ini bisa merubah Provinsi Lampung khususnya Kota Metro bisa lebih baik lagi kedepannya.

Dalam hal ini, Sekretaris Saber Pungli tingkat Pusat Mayjen TNI Andrie T. U Soetarno, S. E., MDS, Kabid Ops Saber Pungli Mabes Polri Brigjen Pol. Dr. Widiyanto Poesoko, S.ik., S.H., M.Si dan Irwasda Polda Lampung Kombes Pol Flora Dachi sebagai nasumber sosialisasi tersebut dengan penyampaiannya yang bertema “Pelaksanaan Tugas Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Lampung”.

Picture3

“Pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau dipungut dilokasi dan kegiatan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan. Sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh sesorang kepada pihak lain” jelas Sekretaris Saber Pungli tingkat Pusat

Sementara itu , Kabid Ops Saber Pungli Mabes Polri mengatakan “dibentuknya Satgas Saber Pungli ini melaksanakan tugas dengan cara penindakan yang lebih mengutamakan Pencegahan, namun bila ada terjadinya praktek atau tindakan pungli tersebut tetap dilaksanakan maka akan dilakukan penegakan hukum”.

Mengingat hal ini juga, seluruh elemen masyarakat ataupun pelajar se-Provinsi Lampung sangat diharapkan dapat mengerti apa itu Saber Pungli dan dapat ikut berperan aktif dalam saber pungli agar terwujudnya generasi yang budaya nya lebih baik di Provinsi Lampung ini.

Irwasda Polda Lampung juga menyampaikan “Stop Pungutan Liar, bila ada yang melihat terjadinya praktek Pungli segeralah melaporkan kepada Satgas Saber Pungli lewat email : saberpunglisatgas@polkam.go.id ataupun bisa lewat via Call Center : 193 dan Sms Center : 1193.

Picture4

Dengan ini Kapolres Metro mengatakan “Diharapkan dengan sosialisasi dan kehadiran satgas saber pungli ini dapat bertugas dengan optimal dan bertindak dengan tegas dan tepat dalam mendukung pemerintahan Provinsi Lampung yang lebih maju serta dapat menyadarkan seluruh elemen masyarakat dan pelajar untuk mencerminkan budaya yang baik untuk generasi yang terbaik”.

Penulis                 : Hendra Z

Editor                    : Alfian Nur

Published            : Hendra Z

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password