Polda Babel Gelar Pelatihan Cyber Troops 2017

Tribratanews.polri.go.id,- Polda Kep. Babel, Menyikapi maraknya penyebaran informasi berita bohong atau yang tren saat ini disebut HOAX, Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kep. Babel menggelar pelatihan Cyber Troops yang mengangkat Tema “Pelatihan Cyber Troops Polda Kep. Babel Dalam rangka Meningkatkan Kemampuan Personil Mengcounter HOAX guna menciptakan opini positif dan Polri Promoter” di Ball Room Garuda Hotel Cordela Pangkalpinang, Kamis (23/11/17) pukul 08.00 wib.

Pelatihan ini dihadiri oleh Wakapolda Kep. Babel Kombes Pol Tantan Sulistyana didampingi Penasehat Eksekutif ICITAP Komjen Pol (Purn) Oegroseno dan Tim ICITAP, para Pejabat Utama Polda Kep. Babel dan seluruh peserta dari perwakilan masing-masing Satker Polda dan Polres Jajaran.IMG-20171123-WA0032

Dalam sambutannya, Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengatakan penyelengaraan pelatihan Cyber Troops ini dilaksanakan bukan untuk menjadikan Polisi Indonesia menjadi Polisi Amerika.IMG-20171123-WA0034

“Kami berharap Polisi itu memiliki tugas yang sama di Seluruh Dunia.”ujar Komjen Pol (Purn) Oegroseno.

Lanjutnya, Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengatakan agar para peserta memanfaatkan pelatihan Cyber Troops ini dengan baik.

Selain itu, Wakapolda Kep. Babel saat membacakan sambutan Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol Drs. Syaiful Zachri mengatakan Polri memiliki peran penting dalam memantau berita-berita HOAX.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, seluruh peserta dapat menyaring adanya peredaran isu negatif menjadi hal yang positif. Membantu proses penyebaran yang positif dalam upaya-upaya yang dilakukan Polri. Serta melakukan counter issue dan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak benar.”ungkap Wakapolda

Selain itu, kedepan Tim Cyber Troops akan selalu memantau setiap perkembangan informasi terhadap berita hoax dan pemberitaan palsu serta dapat mencegah maupun proteksi sebuah jaringan online pada rumah atau perkantoran dengan memonitor aktifitas online masing-masing.

Disamping itu, Tim Cyber Troops juga dapat memblokir situs-situs yang berbau Paham Radikal, Kekerasan, Narkoba, Porno dan sebagainya. Sehingga pengguna tidak bisa mengkonsumsi link-link tersebut. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga merupakan upaya penguatan media di dalam tubuh Polri. Sebagai aparat penegak hukum, polisi harus lebih dulu diberi bekal untuk meningkatkan kinerja kehumasan.

Diakhir sambutannya, Wakapolda mengharapkan agar para peserta serius dalam mengikuti pelajaran.

“Nantinya usai pelatihan ini dapat diaplikasikan ilmunya di kewilayahan masing-masing.”tutup Wakapolda.

Usai memberikan sambutan, Wakapolda Kep. Babel langsung membuka secara resmi Pelatihan Cyber Troops.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Abdul Mun’im kepada Tim Tribratanewsbabel menjelaskan Pelatihan Cyber Troops akan diagendakan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 23 November hingga 24 November 2017.

“Tim ICITAP akan memberikan pelatihan selama 2 hari kedepan mengenai pengetahuan mencounter berita-berita yang HOAX.”ujar Kabid Humas.

Selain itu, Kabid Humas menerangkan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang akan membantu menunjang dalam tugas Polri.

“Nantinya tujuan pelatihan ini adalah melakukan pengawasan media sosial yang menyebarkan berita-berita HOAX.”jelas Kabid Humas.

Penulis : Roy
Editor : Alfian
Publish : Rohen Babel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password