Jelang Debat Paslon, Polres Brebes Gelar Rakor Persiapan Pengamanan

IMG_4177Tribratanewspolri.go.id – Polres Brebes. Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan menyampaikan pihaknya telah siap mengamankan debat kandidat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Brebes yang maju dalam Pilkada 2017. Kegiatan debat Paslon tersebut rencananya akan digelar di Gedung Korpri Kabupaten Brebes, Rabu (18/1) mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikan AKBP Luthfie dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Instansi penyelenggaraan tahapan dan kegiatan pemilihan tahun 2017 yang dilaksanakan di Aula Mapolres Brebes, Senin (16/1/2017).

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh ketua KPU M Reza Pahlevi dan Ketua Panwaslu Kuntoro ini membahas berbagai persiapan terkait tentang kesiapan pelaksanaan debat kandidat Poslon Bupati Brebes.

Di kesempatan itu, Kapolres Brebes AKBP Luthfie mengatakan seluruh persiapan harus terlebih dahulu dimatangkan agar debat kandidat bisa berlangsung sukses. Pihaknya dengan dibantu instansi terkait siap mengamankan acara Debat Kandidat Paslon Bupati Kabupaten Brebes. “Ini (pengamanan) menjadi kewajiban kami dengan dibantu intansi terkait yang dilibatkan. Ada TNI, Satpol PP dan Dishubkominfo,” kata Luthfie.

Dijelasakan Kapolres, kegiatan tersebut harus benar-benar dimonitoring dan harus disiapkan semua kebutuhan agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat debat berlangsung. Khususnya, menyangkut undangan maupun massa pendukung masing-masing Paslon yang bisa mengikuti acara yaitu 150 pendukung setiap pasangannya.

Disampaikan juga bahwa Paslon dan pendukungnya akan mendapat pengawalan ketat dari petugas sejak dari start (titik kumpul) pemberangkatan.

Dari penjelasan yang disampaikan Kapolres bahwa Paslon 1  (Suswono-Mustaqim) dan pendukungnya akan start dari Stadion Karangbirahi Brebes. Sedangkan Paslon 2 (Idza-Narjo) akan start dari Posko Kemenangan di Saditan sehingga para pendukung tidak saling ketemu. Pihaknya juga akan menyiagakan Water Barier didepan Gedung Korpri untuk menyekat para pendukung dari masing-masing Paslon.

“Kendaraan pasangan calon dan pendukung juga akan ditempatkan di lokasi berbeda dan berjauhan. Jalurnya juga dibedakan agar tidak saling bertemu saat di jalan. Tidak hanya itu, bagi siapapun yang tidak memiliki ID card (kartu pengenal) dan undangan tidak bisa masuk ke dalam gedung. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan debat kandidat berlangsung lancar dan sukses. Tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi,” jelas Kapolres.

Dalam mengamankan jalannya debat kandidat tersebut, dijelaskan Kapolres bahwa sedikitnya 500 personel akan diterjunkan Polres Brebes dan jajarannya serta bantuan dari Dinas Instansi terkait. “Untuk pengaman juga didukung personel Kodim 0713/Brebes, Satpol PP dan Dishubkominfo,” kata Luthfie. (Sarinto-Hms Res BBS)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password