Inilah Dia, Kepala Suku Penyelamat Warga Di Tembagapura

Tribrtanews.polri.go.id Polda Papua – Dialah Bapak Kamaniel selaku Kepala Suku Dani yang berdomisil di kampung Kimbeli Tembagapura Timika, Bapak Kamaniel setelah mengumpulkan warganya untuk dievakuasi ke timika, Senin 20/11/2017 bercerita tentang mereka meninggalkan kampung kimbeli.

Bapak Kamaniel menceritakan kalau selama ini mereka tinggal di kimbeli sangat aman dan tentram, namun setelah masuknya TPN-OPM ke wilayah Tembagapura yaitu Banti, Kimbeli dan Utikini, warganya merasakan ketakutan.

Beberapa tahun ini kami warga Utikini, Kimbeli dan Banti merasakan ketakutan karena adanya ancaman  yang dilakukan oleh mereka (KKB) yang hampir setiap malam memeras warga dengan cara mengedor-ngedor rumah warga untuk meminta bahan makanan terutama kios-kios milik pendatang.

“Hampir setiap malam mereka datang dan memaksa untuk memberikan apa yang mereka butuhkan baik berupa bahan makanan maupun barang-barang milik warga seperti HP dan lain sebagainya” ungkap Kamniel.

5345345555

Selama ini mereka sangat ketakutan, hari Senin/20/11/2017 mereka dikumpulkan oleh Bapak Kamaniel dan memberikan arahan agar warganya meninggalkan kampung Kimbeli karena kampung Kimbeli sudah tidak aman lagi untuk ditempati.

Bapak Kamniel juga meminta kepada aparat Kepolisian untuk membantu evakuasi warganya dari Kimbeli ke Timika, begitu juga Kepada pemerintah daerah setelah mereka ditempatkan di Timika, Kepala suku juga meminta fasilitas pendidikan bagi anak-anak mereka yang akan bersekolah apalagi dalam waktu dekat ini mereka akan melaksanakan ujian.

Pemikiran seorang manusia yang menyelamatkan warganya, dari ancaman pengacau negara, ikut memikirkan generasinya dalam mencerdaskan anak bangsa, Bapak Kepala Suku Kamaniel kelak engkau tak akan dilupakan generasimu.

Penulis : Sosra

Editor :  Alfian Nur

Pubish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password