Rapat Evaluasi Serta Sosialisasi MOU Kemendes PDT Kemedagri dan Polri Tentang Pengawasan Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,   Rapat Evaluasi Pemerintah Kecamatan Oba Tengah serta Sosialisasi MOU antara Kemendes PDT Kemedagri dan Polri tentang Pengawasan Dana Desa yang bertempat di Aula Kantor Camat Oba Tengah, Kel. Akelamo Kec. Oba Tengah Kota Tikep.

Acara tersebut dihadiri oleh Kabag PMD Kota Tikep Bapak Hamid Abdullah S.Ip, Ibu Sakina Usman, SE mewakili Kepala Inspektorat Kota Tikep, Camat Oba Tengah, M. Amin Kasim, SH, Kapolsek Oba Utara, Iptu Adil, S.AP, Bhabinkamtibmas Kel. Akelamo Bripka Mukhsin Syafei, Bhabinkamtibmas Desa Aketobatu Bripka Sahrul Aswad BhabinKamtibmas Desa Aketobololo Brigpol Jaenal Nurdin, Bhabinkamtibmas Desa Akedotilou Brigpol Bakri Ali, Bhabinkamtibmas Desa Tadupi Brigpol Ardi Baba, Para Kades dan Lurah Se-Kecamatan Oba Tengah, Serta tamu undangan kurang lebih 20 orang.

Ibu Sakina Usman, SE yang mewakili Inspektorat Kota Tikep menyampaikan bahwa dengan adanya MOU pengawasan Dana Desa maka para Kepala Desa tidak perlu takut dan khawatir sepanjang Dana Desa dikelola  sesuai denga aturan yang berlaku dan transparan.

“Kepala Desa diharapkan menginformasikan tentang pengelolaan Dana Desa kepada masyarakat, melalui papan informasi maupun  memasang baliho tentang jumlah Dana Desa dan penggunaan Dana Desa sehingga masyarakat mengetahui dan ikut mengawasi pelaksanaannya.” Umgkap Ibu Sakina.

Selanjutnya, Kepala Badan PMD Kota Tikep menekankan bahwa Dana Desa harus digunakan dengan baik agar dapat dirasakan oleh masayarakat desa. Pengelolaan Dana Desa harus sesuai dengan perencanaan dan peruntukkannya harus benar-benar menyentuh langsung ke masyarakat, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

Dana Desa harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan sesuai dengan apa yang telah dilaksanakan oleh Desa. Kepala Badan PMD mengingatkan agar pada saat penyelenggaraan  Musrembangdes maka Kades harus melibatkan elemen masyarakat sehingga masyarakat ikut berpartisipasi dalam memberikan saran masukan.

“Segala admistrisi terkait penggunaan Dana Desa harus dilengkapi,  jangan dianggap enteng karena jika ada kesalahan atau kekeliruan maka dapat berdampak hukum.” Ujar Kepla BPMD.

Dilain pihak, Kapolsek Oba Utara Iptu Adil S. Ap, menyampaikan bahwa dengan adanya MOU maka Kapolsek dan Bhabinkamtibmas diberikan mandat atau amanah untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan Dana Desa. Dengan tujuan agar pengelolaan Dana Desa dapat berjalan dengan efektif, efisien dan akuntabel.

Lanjut Kapolsek, sebenarnya para Kades  tidak perlu merasa takut dan khawatir, sepanjang Dana Desa dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Prinsip pengawasan Dana Desa adalah pengawasan secara bersama-sama antara Pemkot Tikep,  Aparat Penegak Hukum, Satgas Dana Desa serta Masyarakat. sehingga diperlukan koordinasi yang baik, kemitraan dan saling mengingatkan.

“Kapolsek menegaskan agar tidak ada Kades yang memberikan insentif dalam bentuk apapun kepada para Bhabinkamtibmas dan Bhabinkamtibmas dilarang meminta atau menerima insentif dalam bentuk apapun kepada para Kades.” Ungkap Kapolsek.

Penulis             : Ulfa

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password