Perkuat Opsi Preventif Tangani Paham Radikal, Dit Binmas Polda Sulsel Gelar Penyuluhan Tangkal ISIS

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Dir Binmas Polda Sulsel Kombes Pol Drs. Markilat Heru Susanto, membuka acara Penyuluhan Kontra Radikal dan Deradikalisasi (Khusus ISIS) Wilayah Polda Sulsel, Rabu, (22/11/2017) di Aula Anindhita lantai III Mapolda Sulsel.

Acara penyuluhan ini mengambil tema “Bersama Melawan Terorisme – ISIS Demi Kedaulatan dan Keutuhan NKRI” dan dihadiri ratusan Tokoh Agama, Masyarakat, FKPM, Senkom, LSM dan Organisasi Kepemudaan lainya dari berbaga daerah di Sulsel.

Beberapa narasumber yang dihadirkan diantaranya, Ketua Tim Penyuluhan dari Korbinmas Baharkam Polri AKBP Dadang Sutrasno, Densus 88 Kompol Mahendra, Kepala Bidang Penerangan Kemenag, Prof Arfin Hamid, SH, MH Ketua FKPT, mantan Teroris Ahmad Sajuli.

Dalam sambutannya, saat membuka acara penyuluhan, Dir Binmas Polda Sulsel menjelaskan berbagai penyuluhan kontra radikal oleh Polri, bukan bermaksud membatasi masyarakat berpendapat, namun bagaimana masyarakat memahami konsep kebhinekaan di NKRI.

“Negara kita jangan sampai tinggal ditempat, sementara negara lain sudah semakin maju, olehnya itu, pembangunan SDM itu terpenting, dengan mencerdaskan masyarakat, sebagai tanggung jawab kita semua, mencerdaskan intelektual dan emosional,”ungkap Kombes Pol Markilat.

Lebih lanjut Dir Binmas menyatakan perlu memunculkan konsep kecerdasan emosional, bukan saja intelektual yang harus dibangun, oleh karenanya perlu sinergi Polri dengan Tokoh masyarakat yang mana Polri lebih mengedapankan kegiatan-Kegiatan Humanis.

Sementara itu, Ketua Tim AKBP Dadang, menyatakan Polri terus membangun kemitraan Polri dan masyarakat dalam melawan intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme, menurutnya, negara Indonesia patut disyukuri karena berbagai kekayaan alam, dimilikinya.

“Jangan sampai negara kita mau jadi seperti Suriah dan Marawi, mari jaga paham radikalisme masuk di sekolah, perguruan Tinggi, Pondok Pesantren,” ungkap dadang.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password