Capai Target, Polresta Kediri Rampungkan Tiga Kasus Korupsi Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim Memasuki akhir tahun 2017, Polresta Kediri berupaya merampungkan kasus-kasus korupsi yang menjadi target tahunan Polri. Ada tiga kasus korupsi yang kini sudah dalam tahap lidik yaitu, lelang tanah kas Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, pungutan liar (pungli) pedagang Pasar Grosir Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri dan pungli pembuatan akte hibah di Desa Bulu, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Kasat Reskrim Polresta Kediri AKP Ridwan Sahara mengatakan, ketiga kasus korupsi yang sedang ditangani ini sudah terbit laporan polisi dan kini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri setempat. “Kami sudah memenuhi petunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan berkasnya sudah kita serahkan kembali ke JPU,” kata Ridwan, Selasa (21/11/2017).

Dijelaskan mantan Kapolsek Ngadiluwih ini, pada kasus korupsi lelang tanah kas Kelurahan Blabak, ada tiga orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka, Kepala Kelurahan, Bendahara Kelurahan dan Panitia Lelang. Dalam kasus ini, nominal uang lelang mencapai Rp 931,780 juta.

Sedangkan untuk kasus pungli pedagang Pasar Grosir Kelurahan Ngrongo, polisi menetapkan satu orang tersangka yaitu juru pungut yang berstatus sebagai tenaga honorer. Total uang hasil pungli sebesar Rp 570 ribu.

Ditambahkan Ridwan, untuk kasus pungli akta hibah (sertifikat tanah) ada satu orang tersangka yang sudah ditetapkan yaitu, Kepala Desa Bulu, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Tersangka mematok uang jasa sebesar Rp 4 juta.

“Semua tersangka belum kita lakukan penahanan karena masih menunggu petunjuk dari JPU. Selain itu, mereka adalah pejabat publik, yang tugasnya melayani masyarakat,” ucap Ridwan.

Pihaknya berusaha menyelesaikan ketiga kasus korupsi ini hingga akhir bulan Desember 2017 mendatang, sebagaimana target Polri satu tahun dua kasus korupsi di setiap polres jajaran. “Harapan kami bisa selesai sebelum akhir tahun dan bisa segera disidangkan,” pungkas Ridwan

Penulis      : Didik

Editor         : ALFIAN NURNAS

Publish      : Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password