Cegah Terjadinya Penyimpangan, Kapolres Bangkep Perintahkan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Kawal Alokasi Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Bangkep – Tugas yang diemban oleh Bhabinkamtibmas adalah melakukan deteksi, identifikasi dan pemecahan masalah yang ada di wilayah binaan masing-masing. Hal inilah yang tengah gencar dilakukan Bhabinkamtibmas di masing-masing Polsek jajaran Polres Banggai Kepulauan.

Selain tugas pokok dalam membina dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif, seluruh Bhabinkamtibmas jajaran Polres Bangkep juga mendapat tugas dalam mengawal Dana Desa. Tugas tersebut meliputi mengawal perencanaan program hingga pelaksanaan program dana desa maupun dana-dana sumber lainnya yang ada di setiap pedesaan.

Dalam beberapa kesempatan, terlihat sejumlah Bhabinkamtibmas jajaran Polres Bangkep yang ada di masing-masing Polsek aktif melakukan kegiatan sambang dalam pelaksanaan pembahasan rencana kegiatan penyaluran dana desa, serta memantau langsung jalannya kegiatan program pembangunan yang sedang berjalan. Melalui tugas yang diemban tersebut, Bhabinkamtibmas dapat mengingatkan mitra kerjanya, dalam hal ini Kepala Desa apabila terdapat kekeliruan terhadap perencanaan program dana desa yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Hal ini dimaksudkan guna mengambil suatu langkah pencegahan terhadap penyalahgunaan maupun setiap persoalan terkait alokasi Dana Desa.

Saat ditemui, Kapolres Bangkep AKBP IDHAM MAHDI, SIK, MAP menyampaikan bahwa tujuan dari pengawalan Dana Desa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas adalah mencegah terjadinya salah sasaran dalam penggunaan Dana Desa dan memastikan bahwa program yang dilakukan terhadap penggunaan Dana Desa telah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password