Perbuatan Asusila R Dan V Dimediasi Di Polsek Semitau

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Bertempat di ruang Penjagaan Polsek Semitau telah dilaksanakan kegiatan mediasi secara kekeluargaan terkait permasalahan adat (perbuatan asusila) antara sdri. V warga Desa Kenerak dengan sdr. R warga Desa Semitau Hulu.

Kapolsek Semitau Ipda Dayan mengatakan bahwa mediasi dilaksanakan di Polsek Semitau ini adalah menindaklanjuti laporan pengurus Adat Desa Kenerak bahwa sdr. R telah mengingkari hasil keputusan adat, yang mana pada hari Kamis Tanggal 2 Nopember 2017 bertempat di Kantor Desa Kenerak telah dilaksanakan kegiatan sidang adat terkait permasalahan sdr. R dan sdri. V, yang mana kedua belah pihak telah sepakat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan, terang Ipda Dayan.

Ipda Dayan menambahkan bahwa hasil kesepakatan tersebut pihak keluarga sdr. R bersedia membayar adat kepada pihak adat Desa Kenerak sebesar Rp. 17.900.000, namun di kemudian hari pihak sdr. R mengingkari hasil putusan adat tersebut, tambah Kapolsek.

“Hari ini di Polsek Semitau mediasi kembali dilaksanakan untuk mencari kata mufakat dari kedua belah pihak.
Alhamdulillah Hasil mediasi diperoleh kesepakatan antara kedua belah pihak. Pihak adat Desa Kenerak yang mewakili Sdri. V meralat denda adat yang telah dibuat yaitu menghilangkan adat denda kesopanan kampung dan Pihak keluarga sdr. R Desa Semitau Hulu bersedia membayar denda adat yang telah diputuskan yaitu sebesar Rp. 7.500.000 dan untuk biaya persalinan akan menyelesaikanya setelah sdri. V melahirkan anaknya, ungkap Ipda Dayan.

Semoga dengan adanya permasalahan ini akan menjadi contoh untuk masyarakat lainnya agar jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, tutur Ipda Dayan.

Penulis : Mahadi Edma
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password