Permantap Langkah Tangkal ISIS, Dit Intelkam Polda Sulsel Gelar Rakor Kontra Radikal dan Deradikalisasi ISIS

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Rapat Koordinasi Quick Wins Program 4 Kontra Radikal dan Deradikalisasi ISIS digelar dalam Rakor Fungsi Intelkam Polda Sulsel, di Aula Balla Lompoa Hotel Harper Makassar, Selasa (21/11/17).

Rakor yang diikuti seluruh Kasat Inelkam jajaran Polda Sulsel, menghadirkan Prof Dr. H.Arifin Ahmad, Guru Besar Unhas Hukum dan Ekonomi Syariah.

Dalam paparannya, Dosen Fakultas Hukum Unhas tersebut, membagi kiat beberapa hal dalam menangkal paham Radikalisme diantaranya memperkenalkan dan pahamkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, berperan aktif melaporkan kegiatan radikalisme dan terorisme.

“Tingkatkan pemahaman akan hidup kebersamaan, menyaring informasi yang di dengar, ikut aktif sosialisasikan bahaya radikalisme dan terorisme,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut upaya untuk menghancurkan benih aksi terorisme maka yang harus dilakukan mula-mula adalah membendung paham radikalisme. Terorisme akan tetap tumbuh subur manakala radikalisme tidak dibendung dan terus melebarkan sayap ke banyak orang untuk memobilisasi calon calon teroris baru.

Ketika paham radikalisme menyusut, maka besar kemungkinan aksi aksi teror tidak akan ada lagi, karena akar pemahamannya telah menjauh

Sementara itu Kasubdit IV Keamanan Negara Dit Intelkam Polda Sulsel AKBP Abu Bakar, menyatakan kesiapan Polda Sulsel khususnya jajaran Intelejen menangkal segala paham yang akan merongrong 5 pilar NKRI.

“Siapapun yang punya niat tidak baik pada keutuhan NKRI akan kita
lawan,” tegas Abu Bakar.

Selain itu, menurut Kasubdit Kamneg, Kerja sama dengan harus di terus tingkatkan, dalam mencegah masyarakat terpengaruh ISIS, khususnya yang muncul di Media Sosial.

“Sudah ada beberapa kasus berhasil di ungkap dan cegah, hasil kerja sama dengan beberapa pihak olehnya itu karena potensi radikal di Sulsel, cukup besar, sehingga menjadi tanggung jawab kita untuk solid dengan tokoh agama untuk menggalang program pencegahan paham Radikal,” kata Kasubdit IV Kamneg.

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password