Ini Dia, Bhabinkamtibmas Papua yang Viral di Medsos

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua – Bhabinkamtibmas merupakan singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Mereka adalah Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS) dan juga merupakan pengemban fungsi Pemolisian Masyarakat (POLMAS) di Desa / Kelurahan.

Bhabinkamtibmas merupakan perubahan nama dari Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), sesuai dengan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor :KEP/8/II/2009 tentang perubahan Buku Petunjuk Lapangan Kapolri Nomor :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas menjadi Bhabinkamtibmas yang diemban oleh setiap anggota Polri dari kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sudah dua hari ini media sosial dihebohkan dengan sebuah foto Bhabinkamtibmas yang sedang melaksanakan tugas evakuasi warga di wilayah Banti, Utikini dan Kimbeli. Salah satunya di akun Facebook Nicko Marlino, di tengah hingar bingarnya penyelamatan sandera Bhabinkamtimas an. Tasril.

Trasil yang berpangkat Brigadir merupakan Bhabinkamtibmas kampung Kimbeli Polsek Tembagapura, terlihat sangat antusias membantu warga yang dievakuasi dari Banti ke Timika.

Ya, dialah Prajurit Polri yang ditengah hingar bingarnya penyelamatan warga yang terisolasi oleh KKB, dia punya peran sendiri dalam bertugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Lindungi, Layani, Ayomi” itulah yang tertanam didalam hatinya untuk mendekatkan dirinya dengan masyarakat.

Penulis: Sosra Papua

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password