Kapolres Bone Berikan Bantuan Sembako kepada Tujuh Korban Kebakaran

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Pasca kebakaran yang menghanguskan tujuh rumah permanen di Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone pada hari Minggu (19/11) malam, mendapat perhatian dari banyak pihak.

Salah satunya, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bone bersama Bhayangkari dipimpin Kapolres Akbp Muhammad Kadarislam meninjau langsung ke lokasi kebakaran. Dia turut berbelasungkawa dan memberikan semangat dan motivasi kepada korban musibah kebakaran, Senin (20/11/17).

Data yang diperoleh, ada tujuh rumah yang terbakar diantaranya lima unit rumah panggung, dan dua unit rumah semi permanen.

Pemberian bantuan berupa sembako dan pakaian bekas yang masih layak pakai serta santunan tali asih diserahkan secara simbolis oleh Kapolres Akbp Kadarislam dan wakil Ketua Bhayangkari Ibu Ejhi Dodik Susianto serta perwakilan Polwan oleh Bripka Suhati.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wujud empati Polres Bone kepada para korban kebakaran dan juga merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat yang diharapkan lebih mempererat hubungan silaturahmi antara Kepolisian dengan masyarakat serta meringankan beban dari pada korban kebakaran tersebut.

Kadarislam yang didampingi oleh Waka Polres Kompol Dodik Susianto, mengungkapkan rasa keprihatinannya atas musibah kebakaran tersebut dan berharap tabah ikhlas menerima cobaan ini.

Adapun identitas ketujuh Korban kebakaran sebagai berikut :
1. Hatimah Binti Taming, umur 50 tahun, IRT
2. Aming Bin Taming, umur 45, Swasta
3. Muslimin Bin Massi, umur 50 tahun, Nelayan
4. Musyair Bin Muslimin, umur 35 tahun, Nelayan
5. Bade Binti Dalle, umur 70 tahun, IRT
6. Mustaring Bin Baco, umur 60 tahun, tukang kayu
7. Akbar Bin Syamsudin, umur 40 tahun.

Aksi Kapolres Bone yang turun langsung membantu warga yang kesusahan akibat musibah kebakaran merupakan bukti empati sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password