Polda Kalbar Gelar Apel Kesiapan Dua Pertiga Kekuatan Untuk Pengamanan Pilkada Serentak 2018

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi memimpin pelaksanaan Apel kesiapan tersebut sekaligus melakukan pengecekan dua pertiga kekuatan personel Polda Kalbar yang akan disiapkan untuk membackup Jajarannya dalam pengaman Pilkada serentak tahun 2018, yang bertempat di lapangan Bhayangkara Polda Kalbar, (20/11).

Apel tersebut juga disampaikan jadwal latihan bagi masing-masing kompi yang telah dibentuk, semuanya terdiri dari 19 kompi.

Dalam arahannya, Karo Ops Polda Kalbar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personil Polda Kalbar berkat dedikasi kinerja yang sudah dilakukan sehingga dinamika kamtibmas di Kalimantan Barat ini bisa tetap kita jaga dalam keadaan aman dan kondusif.

Dalam mengantisipasi Pilkada di 2018, Karo Ops Polda Kalbar menyebutkan bahwa Polda Kalbar akan melibatkan dua per tiga kekuatan, sesuai dengan kebijakan di Mabes Polri dan Polda kalbar.

“Rekan-rekan harus pahami ketika ada event event besar seperti pilakda dan pilpres, maka kewajiban Polda Kalbar yaitu melibatkan dua per tiga personilnya untuk siap operasional dalam rangka menghadapi event besar tadi termasuk Pilkada di 2018,” ujar Kombes Pol Jayadi.

“Mekanisme pelibatannya yaitu ketika ada permintaan bantuan dari polres polres, skala prioritasnya yaitu rekan rekan yang berseragam, dalam hal ini rekan rekan dari brimob. Kalau misalnya rekan rekan dari jajaran dan polres meminta back up ketika eskalasi di masing masing polres meningkat, setelah pasukan brimob tidak mencukupi, maka pasukan sabhara yang nanti akan kita dorong. Kalaupun nanti masih tidak mencukupi maka dari Pol Air atau teman teman yang lain,” tambahnya.

Karo Ops Polda Kalbar juga mengatakan bahwa bapak Kapolda Kalbar dan Kapolri sudah menyampaikan bahwa Kalimantan Barat harus di antisipasi mengingat potensinya cukup tinggi ketika di Pilkada 2018.

Oleh karena itu, Polda kalbar akan menerapkan tiga strategi dalam rangka menghadapi pilkada. Strategi pertama ialah melakukan kegiatan pra operasi Ops mantap praja yang berkaitan dengan pilkada yang nantinya akan digelar pada tanggal 7 Januari sampai dengan bulan Juli 2018. Strategi kedua ialah pada saat Ops Mantap Praja, dan yang ketiga adalah Pasca Ops Mantap Praja.

“Jadi dalam bulan bulan terakhir ini, Polda Kalbar sudah melaksanakan strategi yang pertama yaitu pra operasi. Yang dilakukan adalah melakukan cipta kondisi, melakukan penggalangan dan komunikasi komunikasi dengan partai partai politik, tokoh agama dan tokokh tokoh yang ada di Kalimantan Barat,” ujar Karo Ops.

Semua ini tujuannya adalah mengajak kepada mereka untuk bersama sama agar Pilkada di 2018 ini dapat berjalan dengan kondusif,” jelas Karo Ops.

Penulis : Ilmy PNC

Editor : Nanang P / Wesli

Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password