Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Pungutan Liar dengan Dinas Perhubungan Kota Ternate

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Bertempat di Aula Kantor Walikota Ternate Kel. Kampung Pisang Kec. Ternate Tengah, telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Pungutan Liar ( Pungli), kepada Dinas Perhubungan Kota Ternate, dengan Mengusung Tema ” Jangan Memberi dan Jangan Menerima Lawan dan Laporkan “. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Unit Pemberantasan Pungli Kota Ternate.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi tersebut diantaranya, Waka Polres Ternate Kompol Widi Haryawan, SIK, Kasi Intel Kajari Ternate bpk. M. Ruslan Muin, SH, MM, Kadis Perhubungan Kota Ternate Bpk. Thamrin Alwi, S. Sos, MM, Kabag Hukum Kota Ternate bpk. M. Asyikin, Sekretaris Inspektorat Kota Ternate bpk. Burhanuddin Abd. Kader, Kasiwas Polres Ternate Ipda Asdar, Para Undangan dan Peserta Sosialisasi dari Dinas Perhubungan Kota Ternate yang hadir berjumlah kurang lebih 60 orang.

Pembukaan yang di buka langsung oleh Kabag Hukum Kota Ternate bpk. M. Asyikin, di lanjutkan dengan penyampaian Waka Polres Ternate Kompol Widi Haryawan, SIK, yang intinya sebagai berikut:Waka Polres menyampaikan bahwa Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Pungli tersebut, dilaksanakan demi mengantisipasi berbagai pelanggaran terkait pungli, terutama Dinas Perhubungan, karena Dinas Perhubungan adalah pelayanan publik yang dinilai rawan terjadi pungli.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk, memberi pengarahan terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Ternate, Tujuannya terutama petugasnya yang berada di semua UPTD supaya tidak melakukan pungli.” Ungkap Kompol Widi.

Visi Unit Pemberantasan Pungli ini yaitu terwujudnya pelayanan publik pada semua instansi Pemerintah Kota Ternate yang terbebas dari pungutan liar. Misi Unit Pemberantasan Pungli ini yaitu membangun sistem pemberantasan Pungli, membangun sistem pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi dari isntansi Pemerintah serta pihak lain yang terkait dengan menggunakan Teknologi Informasi, serta membangun budaya anti Pungli.

Dilanjutkan dengan penyampaian Kasi Intel Kajari Teenate bpk. Ruslan Muin, SH, MM, yang intinya, bahwa Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Pungli ini, adalah guna mencegah terjadi Pungutan Liar, di dinas Perhubungan Kota Ternate.

“Karena kita ketahui bahwa Dinas Perhubungan, yang bertugas di bagian Retribusi dan parkiran, selalu menjadi sorotan bagi mansyarakat.” Ungkap Kasi Intel Kejari.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, tanggal 20 Oktober 2016 tentang Pungli, Sebelum dilaksanakan penindakan akan dilaksanakan sosalisasi terlebih dahulu, selain disampaikan pula menyangkut tugas-tugas dan fungsi Unit Pemberantasan Pungli di lingkup Pemerintah Kota Ternate. Pelaku Pungli Bisa Dijerat Pasal Korupsi, Bukan Hanya Pemerasan, Pelaku juga mungkin dijerat dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, umumnya praktik pungutan liar dijerat dengan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan bulan.

Kadis Perhubungan Kota Ternate bpk. Thamrin Alwi, S. Sos. MM, juga menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi adalah, guna memberikan pemahaman kepada Dinas Perhubunga, untuk tidak melakukan Pungli. Kepala Dishub Kota Ternate bpk. Thamrin Alwi, S. Sos, MM, Menambahkan Sosialiasasi ini, yang dilakukan oleh Unit Pemberantasan Pungli Kota Ternate, kepada Instansi yang dipimpinnya adalah untuk memberi wawasan dan pengertian.

“Pihaknya mengaku perlu menerima masukan dari Unit Pemberantasan Pungli, karena mereka yang ada di UPTD memiliki tanggung jawab untuk menghimpun dana dari Retribusi parkir, di samping itu, mereka harus memiliki pegangan dalam menjalankan tugasnya agar jangan sampai melakukan pungli.” Ujar Kadishub Kota Ternate.

Penulis : Wanto Tftt
Editor : Alfian Nur
Publish : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password