Ratusan Warga Minta Dievakuasi Dari Tembagapura Ke Timika

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua. Ratusan Warga Asli Papua yang berdomisili di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Timika Papua meminta ikut dievakuasi Karena minimnya pelayanan kesehatan, pendidikan, bahan makanan dan psikis yang dialami warga, Senin (20/11/17).

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH mengatakan “dua hari sebelumnya tim satgas terpadu melakukan pendalaman terhadap warga di Banti, tim satgas juga berkoordinasi dengan pendeta setempat, Tujuannya meminta untuk membantu melakukan evakuasi”.

Lanjut Kapolda “Untuk mengevakuasi saat ini 12 bus anti peluru sudah disiapkan untuk mengangkut warga ke Timika dengan pengawalan dari Satgas Terpadu TNI dan Polri”.

5167bb5b-6ba0-442f-aa6d-48f6cca760ef

“Sebenarnya keinginan tersebut sempat ditolak oleh warga untuk dipindahkan sementara, Namun setelah satgas terpadu berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia,” Ujar Kapolda Papua.

Pukul 09.30 wit, tim mengevakuasi 804 warga asli Papua yang terdiri dari kampung kimbeli, utikini dan longsoran dan di kawal oleh anggota Polri – Tni (Satgas Terpadu) Untuk di evakuasi ke Tembagapura.

Pukul 13.25 Wit Rombongan Evakuasi sebanyak 12 Bus bergerak menuju Timika dengan pengawalan aparat kepolisian dan Tni menuju Gedung Emenemeyauware Timika.

Penulis : Diyas

Editor   : Alfian Nur

Publish : Diyas

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password