Ini Yang Dilakukan Polisi Jika Gunung Agung Meletus!

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Hingga saat ini, status Gunung Agung masih dinyatakan pada level tiga (siaga). Meskipun begitu, warga yang tinggal diluar Kawasan Rawan Bencana (KRB) tetap diimbau selalu waspada terhadap kondisi Gunung Agung tersebut.

56220F84-58CD-435E-9509-8BD646541F91Untuk mengetahui kesiapsiagaan warga, Polsek Kubu bersama Forkopimda Kecamatan Kubu menggelar simulasi penanggulangan bencana Gunung Agung jika terjadi erupsi, Minggu (19/11/2017) sekitar pukul 16.00 Wita. Diasumsikan tiba-tiba Gunung Agung mengalami erupsi. Keadaan itu, membuat personel Polsek Kubu mengevakuasi warga yang tinggal di Banjar Bantas yang wilayahnya masuk dalam KRB tiga.

Suara sirine meraung-raung, masyarakat berhamburan keluar rumah kemudian diangkut dengan kendaraan menuju Pos Pengungsian Sementara yang selanjutnya akan dievakuasi ke Pos Pengungsian Tetap.

Kapolsek Kubu, AKP Made Suadnyana, S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan simulasi dilakukan untuk mengetahui kesiapan warga maupun Satgas bila Gunung Agung benar-benar mengalami erupsi, sehingga seluruh warga selamat dan tidak ada korban jiwa. “Masyarakat harus waspada meskipun status Gunung Agung sudah diturunkan dari awas ke siaga,” ucapnya.

AKP Made Suadnyana, S.Sos menambahkan, kegiatan ini melibatkan sekitar 500 warga Banjar Bantas Desa Baturinggit. Terlihat warga sangat antusias dan bersemangat mengikuti simulasi ini karena mereka menyadari betapa pentingnya simulasi ini. “Apabila Gunung Agung mengalami erupsi, kita sudah siap menghadapinya,” imbuhnya.

Kapolres Karangasem, AKBP I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si. memberikan apresiasi kepada Polsek Kubu dan instansi terkait dengan adanya simulasi tersebut. “Seluruh Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan Lurah sudah kita kumpulkan. Saya minta kepada mereka untuk membuat rencana simulasi evakuasi,” terangnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Alfin

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password