Kapolsek Batang Lupar Lakukan Pengecekan Bangunan Yang Bersumber Dari Dana Desa

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Kapolsek Batang Lupar Ipda Rajiman bersama anggotanya melaksanakan sambang warga sekaligus pengecekan dan pengawasan pembangunan fisik berupa posyandu dengan ukuran 4×6 m dengan menggunakan dana desa di Desa Setulang Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu.

Kapolsek Batang Lupar Ipda Rajiman mengatakan kegiatan sambang ini selalu dilaksanakan pihaknya bersama anggotanya dengan tujuan untuk memantau pengeluaran ataupun pengunaan dana desa.

“Kegiatan tersebut sudah merupakan tugas dan perintah langsung dari pimpinan tertinggi kepolisian yang sudah mendatangi mou dengan mentri mentri yang terkait guna pengawalan pengawasan dalam pengunaan dana desa,” ungkap Kapolsek Batang Lupar.

Kita akan melakukan pengawasan penggunaan dana desa secara maksimal. Semua anggaran dana desa harus digunakan sesuai peruntukkan dan aturannya.

Kami (Polsek) bersama muspika hanya melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa, baik di bidang pemberdayaan maupun pembangunan fisik, Jika ada dugaan penyelewengan dana desa, kami akan melakukan koordinasi dengan pihak Tipikor Polres untuk menindaklanjuti temuan kami di lapangan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur, tambah Ipda Rajiman.

Pihaknya juga telah mengintruksikan para bhabinkamtibmas untuk menghimbau kepala desa binaannya, agar transparan kepada masyarakat desa dengan menunjukkan panel data penggunaan anggaran penggunaan dana desa, dengan cara itu maka masyarakat tidak curiga dengan penggunaan dana desa yang di lakukan aparatur desa, serta selalu melibatkan masayarakat dalam perencanaan pembangunan infrastruktur desa itu sendiri yang di dampingi oleh bhabinkamtibmas, pungkas Rajiman.

Penulis : Tiyono Ershi
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password