Antisipasi Erupsi Gunung Agung, Polda Bali Siagakan 1.913 Personel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Dalam rangka penanggulangan bencana Gunung Agung, personel Polda Bali dan jajaran Polres se-Bali melaksanakan apel kesiapan Ops Aman Nusa II Agung-II Tahun 2017 “Lanjutan” di halaman depan Gedung Execujet, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (17/11/2017).

Kali ini, seluruh personel membawa perlengkapan sesuai kebutuhan jika sewaktu-waktu Gunung Agung mengalami erupsi. Seluruh personel wajib membawa tas ransel yang didalamnya berisi baju, masker, sarung tangan, kaca mata, senter dan air mineral.

Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya dalam laporannya kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan bahwa sebanyak 1.913 personel Polda Bali siap membantu pemerintah daerah dalam menangani erupsi Gunung Agung.

Menanggapi laporan tersebut, Made Mangku Pastika menyatakan siap menerima personel Polda Bali yang di BKO-kan ke pemerintah daerah. “Pasukan saya terima dan selanjutnya akan mendapatkan penugasan sesuai dengan rencana operasi yng sudah kita terbitkan. Selanjutnya BKO kepada pemerintah daerah dalam rangka mengantisipasi erupsi Gunung Agung akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menjelaskan, apel kesiapan ini adalah sebagai bentuk latihan personel Polda Bali dalam menghadapi setiap ancaman. Apalagi setiap kejadian yang ada di Bali pasti akan melibatkan dunia, karena wisatawan asing banyak ada di Bali.

Untuk itu, pihaknya bersama Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana dan seluruh stake holder yang ada harus melaksanakan persiapan dan latihan apabila terjadi ancaman yang mendadak, termasuk kesiapan dalam penanggulangan erupsi Gunung Agung dan menghadapi Pilkada serta IMF-World Bank.

“Personel Polda Bali tidak hanya fokus dalam mengantisipasi man made disaster, tapi juga dalam penanggulangan bencana alam seperti contohnya erupsi gunung agung. Polda Bali membantu dalam pengevakuasian masyarakat yang berada di sekitar kawasan rawan bencana,” terang Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password