Pesatnya Pertumbuhan di Kota Jambi, Ditlantas Polda Jambi Sosialisasikan Andalalin

Tribratanews.jambi.polri.go.id – Polda Jambi, Perkembangan Kota Jambi, saat ini cukup pesat. Pembangunan Mall dan perkembangan jumlah kendaraan kian hari kian bertambah. Kondisi ini membuat Ditlantas Polda Jambi, menerapkan analisis dampak lalu lintas atau disebut Andalalin.

Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Kombes Pol Didik Mulyanto melalui Kasat PJR, AKBP Swittanto, mengatakan, andalalin adalah studi mengenai dampak lalu lintas dari suatu kegiatan dan atau usaha tertentu yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen Andalalin.

“Ini dikaitkan bahwa setiap perubahan guna lahan akan mengakibatkan berubahan di dalam sistem transportasi nya. Mal yang besar, atau stadion ataupun kawasan permukiman yang baru akan memengaruhi lalu lintas yang ada di sekitar kegiatan baru tersebut,” ujar AKBP Swittanto.

Berdasarkan peraturan menteri perhubungan nomor PM 75 tahun 2015 pasal 2 disebutkan bahwa setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, pemukiman dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib melakukan andalain.

Hal ini tentunya sejalan dengan pembangunan Kota Jambi yang bekembang dengan pesat, yang ditandai dengan semakin banyaknya pembangunan perhotelan dan tempat kuliner disamping pusat perbelanjaan. Hal ini tentunya membawa dampat terhadap kelancaran dan keselamatan pengguna jalan.

“Kegiatan sosialisasi Andalin dilakukan pada Kamis 16 November 2017 pukul 09.00 Wib s/d 12.00 Wib di Ruang RTMC Ditlantas,” jelasnya.

Jumlah peserta sebanyak 63 orang yang terdiri dari personel Ditlantas, Narasumber dan para undangan (perhotelan, waralaba, rumah sakit, restoran/RM). Diskusi dan tanya jawab yang dipimpin oleh Wadir Lantas Polda Jambi AKBP Syarif Rahman SH SIK.

Salah satu hasil yang didapat dari kegiatan ini, Pemerintah Kota Jambi akan menerapkan Andalalin online. Menurut Kadishub Kota Jambi, aplikasi Andalalin online ini akan dilaunching pada 2 Desember 2017 yang akan dikoneksikan dengan Ditlantas dan instansi terkait.

“Program aplikasi ini adalah salah satu upaya terobosan dengan memanfaatkan IT untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat Kota Jambi khususnya dalam memproses dokumen Andalalin,” tandasnya.

Penulis : Indra

Editor : Alfian

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password