Gabungan Tekab 308 Polresta Bandar Lampung Kembali Tangkap Pelaku Jambret

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Tim gabungan Tekab 308 Polresta Bandar Lampung dan Polsek Tanjung Karang Barat kembali menangkap pelaku jambret. Kali ini eksekutor langsung yang sudah beraksi sejak 2014, yaitu tersangka Muhammad Fikri Haiki (19). Wilayah operasionalnya mencakup Kabupaten Pesawaran dan Kota Bandar Lampung. Dirinya ditangkap pada Rabu 15 November 2017 di Jalan Cik Ditiro Kelurahan Beringin Raya kecamatan Kemiling, bandar Lampung.

“Tersangka sementara mengaku beraksi sudah lebih dari 20 lokasi. Di Kalpataru, Palapa, Sukadana, Bambu Kuning, diwilayah Tanjung Karang Timur hingga Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Setiap hari ngakunya minimal sekali. Pernah sampai tiga kali. Tersangka beraksi bersama rekannya RK (DPO),” kata Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Harto Agung, S.Ik saat ekspos di Mapolresta, Kamis 16 November 2017.

Tersangka Muhammad Fikri Haiki mengaku biasa beraksi sore hingga malam hari. Beralasan pengangguran, maka pria kurus alumni Paket B SMP Kedondong Kabupaten Pesawaran menggunakan uang bagian hasil penjualan ponsel yang dijambret untuk kebutuhan makan dan mabuk setiap hari. Ponsel tersebut dijual via online dan sosial media dengan harga lebih murah yang penting terjual. Tersangka bersama teman sekampung RK (DPO), biasanya keliling dahulu mencari mangsa, diikuti sampai ke tempat sepi dan beraksi cepat.

Aksi terakhir kalinya dilakukan pada Sabtu 11 November 2017 pukul 20.30 di Kelurahan Beringin Raya, Kemiling. Tersangka menarik paksa ponsel ditangan korban FR (19, mahasiswa). Laporan korban direspon tim Tekab 308 gabungan Polresta Bandar Lampung dan Polsek Tanjung Karang Barat.

Dari tangan tersangka disita ponsel korban yang belum sempat dijual dan motor Honda Supra X 125 hitam bernopol BE 5655 WN yang biasa dipakai saat menjambret.

Dihadapan para awak media, tersangka warga Dusun Sumber Sari III kecamatan Gedong Tataan itu menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh korban jambret.

Melalui ekspose ini, Kompol Harto memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap pelaku kejahatan. “Kejahatan ada karena kesempatan ada. Pelaku jambret bebas beraksi karena memanfaatkan kesempatan dari kelengahan masyarakat. Untuk terhindar dari aksi jambret dan kejahatan lainnya, agar selalu waspada disaat mengendarai motor sendirian di tempat sepi dan menambah kecepatan ketika ada orang yang mencurigakan dan berteriak minta pertolongan.” pungkasnya. (*).

Penulis : Wahyudi
Editor   : Alfian Nur
Publish : Yudi ZLD

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password