Dit Binmas Polda Gorontalo Gencar Laksanakan Pengecekan Kinerja Bhabinkamtibmas Di Desa Binaan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kamis 16 November 2017, Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Gorontalo, Kompol Rahim Balu bersama anggota Dit Binmas menyambangi beberapa Kantor Desa di wilayah Kecamatan Gorontalo Utara, Selain Silaturahmi Koordinasi Kamtibmas, Kasubdit Binpolmas juga menyempatkan untuk mengecek kinerja dan keaktifan para anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Binaan kepada Kepala Desa serta aparat desa.

Sesuai Perkap 03 tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa Bhabinkamtibmas adalah anggota Polri pengemban Polmas di desa/kelurahan. Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/ negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa binaannya. Kasubdit Binpolmas menyambagi 4 Desa yang sudah terisi Bhabinkamtibmas definitif yakni Desa Moluo, Desa Bualemo, Desa Alata Karya, dan Desa Titidu, seluruhnya di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

index

Dalam pengecekan tersebut Kasubdit Binpolmas yang berkoordinasi dengan Kades dan aparat Desa menjelaskan beberapa tugas pokok Bhabinkamtibmas seperti melaksanakan kunjungan dari rumah ke rumah warga, menyelesaikan permasalahan di Desa, melakukan pengamanan kegiatan masyarakat, ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial, serta pelayanan Polri di Desa. Kasubdit mengharapkan Pemerintah Desa tidak perlu ragu memberikan informasi jika Bhabinkamtibmas yang ditugaskan tidak aktif di Desa.

Menurut Kasubdit di Desa-desa yang jauh dari jangkauan Polda dan Polres kecendurungan Bhabinkamtibmas tidak aktif di Desa, “Makanya setiap ada kegiatan atau tugas di wilayah desa yang jauh, Saya selaku Kasubdit Binpolmas selalu menyempatkan diri untuk koordinasi dengan Kepala Desa baik itu sambang secara langsung maupun melalui telepon, menanyakan kinerja serta keaktifan Bhabinkamtibmas di Desa”, Ujarnya.

2

Kasubdit Binpolmas memberikan contoh beberapa bulan lalu saat berkoordinasi dengan Kades di salah satu desa di kecamatan Mootilango bahkan Kepala Desa tersebut belum mengenal Bhabinkamtibmasnya.  “Jika kami temukan Bhabinkamtibmas yang tidak aktif di desa tentunya akan kami laporkan ke pak Direktur dan Kasat Binmas sehingga dapat dievaluasi, karena Bhabinkamtibmas adalah unjung tombak Polri dalam meraih kepercayaan masyarakat”, ujar Kasubdit.

Namun dari 4 Desa yang dikunjungi kali ini semuanya merespon positif kinerja Bhabinkamtibmas dinilai aktif di Desa. Namun belum terbentuk sistim keamanan di desa, karena menurut Kasubdit, Bhabinkamtibmas harus dapat membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) di Desa, sehingga jika terjadi permasalahan dapat diselesaikan di desa oleh forum ini bersama Bhabinkamtibmas sehingga tidak langsung dilaporkan ke Polsek.

1

Penulis         : Iswan (PID Dit Binmas Polda Gorontalo)

Editor           : Alfian

Publish         : Fandi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password