33 Camat se Kabupaten Bantul dan Gunungkidul Menerima Sosialisasi Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa

16. babin

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Direktorat Binmas Polda DIY menindaklajuti nota kesepahaman Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian Dalam Negeri tentang Pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa, di Graha Sabha Vidi, Kamis (16/11/2017).

Dihadiri oleh DirBinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, S. H.,M.H., Wadir Reskrimsus Polda DIY AKBP Widiatmoko, SIK., Ka BPKP Prov DIY Bpk. Fauqi Achmad Kharir, AK. M.ec. Dev., Ka Biro Tata Pemerintahan DIY Bpk. Drs.Benny Suharsono, M.Si. Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Satriadi, S.IK. MM., Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiarto, S.IK., M.PP., dan seluruh Bhabinkamtibmas, Kapolsek wilayah hukum Polres Bantul dan Polres Gunungkidul, serta 300 Kepala Desa dan 33 Camat se Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul.

Pemerataan pembangunan infrasruktur desa merupakan salah satu program dari pemerintahan, dengan menekankan tujuan pertukaran informasi dana desa dapat terbuka kepada publik, dana desa juga diharapkan tepat sasaran, bahkan kepala desa pun dituntut untuk mampu membuat program sesuai dengan karakteristrik wilayah masing masing dengan meminimalisir kebocoran dana.

Untuk memberikan pengertian mengenai kehadiran polisi di tengah masyarakat, Dirbinmas juga menjelaskan tugas pokok Bhabinkamtibamas, mereka adalah pengemban fungsi pembinaan penertiban dan penyuluhan bukan seperti polisi pada umumnya, seperti reserse yang melakukan penangkapan, penyitaan dan penyelidikan, “tugas sifat nya lebih lembut dan memasyarakat,” ujarnya.

Sedangkan BPKP D.I.Yogyakarta yang dijelaskan oleh Bpk. Fauqi Achmad Kharir lebih menjelaskan tentang definisi Keuangan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa .

“Keuangan Desa yakni semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berbentuk uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban, sedangkan Pengelolaan Keuangan Desa adalah seluruh kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa,” terang nya saat memberi paparan.

penulis : Riyo
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password