Operasi Zebra Kapuas 2017 : Sat Lantas Polres Kapuas Hulu Tilang Lebih Dari 500 Pengendara

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu — Selama empat belas hari menggelar operasi Kepolisian zebra Kapuas 2017, Satuan Lalu Lintas Polres Kapuas Hulu menilang lebih dari lima ratus pengendara. Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda dua (sepeda motor), kata Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu Iptu Kamto saat ditemui diruang kerjanya, Selasa sore (14/11/2017).

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH melalui Kasat Lantas Iptu Kamto mengatakan, bahwa dalam operasi zebra kali ini telah menilang pengendara kendaraan bermotor sebanyak 572 pelanggar. Sedangkan tahun 2016, pihak sat lantas menilang 550 pengendara. Peningkatan pelanggaran sebanyak 22 perkara atau sekitar 4 persen dari operasi zebra Kapuas 2016, terang Iptu Kamto.

Selain menilang selama operasi zebra, kita juga mengeluarkan 200 teguran kepada pengendara yang melanggar, ucap Kasat Lantas.

Iptu Kamto menambahkan, bahwa pengendara roda dua lebih dominan dalam pelanggaran lalu lintas karena dari segi jumlah lebih banyak daripada roda empat maupun roda enam. Iptu Kamto menyebutkan ada 550 pengendara kendaraan roda dua (sepeda motor) yang ditilang, tambah Kasat Lantas.

Sementara, pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua dan roda empat atau lebih adalah karena melanggar kelengkapan kendaraan dan surat-surat, terang Kasat Lantas.

Sedangkan untuk propesi pelanggar oleh karyawan swasta disusul pelajar atau mahasiswa, ungkap Kamto.

Iptu Kamto menjelaskan, Alhamdullilah selama operasi zebra Kapuas 2017 berlangsung tidak terjadi kasus Kecelakaan lalu lintas.

Hasil operasi zebra Kapuas 2017 ini, sat lantas menyita STNK sebanyak 336 lembar dan menyita SIM 335 lembar serta satu unit kendaraan karena pengendara tidak bisa menunjukkan bukti dokumen berupa surat tanda nomor kendaraan, ujar Iptu Kamto.

Operasi Zebra Kapuas 2017 digelar sejak 1 Nopember 2017 sampai dengan 14 November 2017. Dijadwalkan setelah ini Polri akan menggelar operasi lilin dan tahun baru.

“Semoga melalui kegiatan Operasi Kepolisian Zebra Kapuas 2017 ini wilkum Polres Kapuas Hulu tetap Kondusif dan masyarakat bisa melakukan introspeksi dan mengendalikan diri serta bersabar dalam mengemudikan kendaraan” harap Iptu Kamto.

Penulis : Jaspian
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish :Chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password