Kriminal di Jogja, Dua Pelaku Spesialis Ganjal ATM Digiring Polisi

9. ganjal atm

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, tersangka pelaku penipuan dengan modus ganjal ATM berhasil diringkus unit Reskrim Polsek Depok Barat. Dua tersangka yang berhasil diamankan berinisial PA (21) dan RA (18) warga OKU Selatan Sumbar, sedangkan dua lainnya berinisial M dan PI yang saat ini masih dalam pengejaran petugas.

Dalam press release yang disampaikan Kapolsek Depok Barat Kompol Sukirin, H menjelaskan, kejadian bermula saat korban bernama Sri Suwarni (57) warga Kledokan Depok Sleman hendak mengambil uang di ATM BNI di swalayan Citrouli Senturan Caturtunggal Depok. Saat berada di bilik ATM korban lalu memasukkan ATM dan berencana mengambil uang sebesar 1,8 juta rupiah.

Setelah selesai transaksi uang yang diambilnya tak kunjung keluar dari mesin ATM. Korban selanjutnya menghubungi nomor call center yang tertera diatas mesin ATM dan menyatakan bahwa nomor rekening sudah diblokir. Namun sesampainya dirumah korban mendapat sms banking bahwa telah terjadi transfer uang sebesar 62 juta rupiah.

Berawal dari kejadian tersebut, Kanit Reskrim beserta anggota selanjutnya melakukan penyelidikan dan didapati informasi bahwa salah satu tersangkanya berinisial RA. Petugas selanjutnya melakukan penangkapan di tempat kosnya. Dari pemeriksaan yang dilakukan RA mengaku bahwa dirinya melakukan aksi itu bersama PA dan 2 rekan lainnya. Petugas selanjutnya melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan PA.

“Modus operandinya, para tersangka ini mengganjal lubang ATM dengan irisan botol Aqua dan menempelkan nomor call center palsu di sisi samping atas mesin ATM”, terang Kapolsek pada press release, Rabu (08/11/2017).

“Para pengguna mesin ATM yang uangnya tidak keluar ini nantinya akan menghubungi nomor tersebut. Saat itulah mereka dipandu agar korban memberikan nomor PIN nya”, tambahnya.

Dari hasil penangkapan petugas mengamankan 2 buah handphone iphone 6, berbagai baju, sepatu, obeng, gergaji, camera digital, sticker BNI dan ATM. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka kini dianankan di Mapolsek Depok Barat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password