PSK Polres Pelalawan Buat Service Excellent Jemput Bola Sampai Pelosok Desa

Tribratanews.polri.go.id – Mendengar Kata ” PSK ” kita cenderung berpikiran merupakan sesuatu yg membuat Orang Puas, Vulgar, Transparan, membuat orang tertawa Senyum bahagia bagi yang menikmatinya baik itu Pria atau Wanita, Org Dewasa, Anak2 Remaja, Kakek, Nenek, Tante, Oom hingga Anak-anak.

Miris ?
Miris Memang.
Vulgar Amat ?
Jelas Vulgar dan Wajib Vulgar dan Berani.

PSK itu Wajib Vulgar dan Berani serta harus selalu Transparan dalam melayani Orang dan hal inilah yang dapat meningkatkan ” PUBLIC TRUST ” Masyarakat terhadap Polri khususnya Polres Pelalawan.

IMG-20171113-WA0814

Nah Loh Koq Bisa ” PSK ” yang merupakan Notabene merupakan salah satu Wujud Hina sebagai Alat Pemuas justru menjadi salah satu Bentuk Pelopor Polri dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri.

Saudara yang membaca Narasi ini akan semakin Penasaran dan bertanya apa itu ” PSK ” dan kenapa menjadi Pelopor Peningkatan “PUBLIC TRUST ” ?

” PSK ” itu adalah Pelayanan SKCK Keliling.

Ide, gagasan dan Inovasi ini muncul secara Matang pertama kalinya dari Kapolres Pelalawan, AKBP KASWANDI IRWAN, SIK. Beliau telah banyak melakukan Sambang Warga, Temu Ramah serta Nongkrong bareng atau Nongki – Nongki kata *Kids Zaman Now* utk menjemput dan menampung Aspirasi dari Masyarakat terkait perbaikan dan pembenahan Pelayanan Publik yang ada di bawah Komando Beliau di Polres Pelalawan.

IMG-20171113-WA0796

Inovasi tersebut lahir dari pemikiran matang beliau yang direduksi dari komplexnya Keluhan Masyarakat terkait Penerbitan SKCK yang selama ini mempunyai Birokrasi yang cukup Panjang, Biaya Transportasi yang pastinya terakumulasi dalam biaya Pembuatan SKCK serta jarak tempuh menuju Polres ataupun Polsek dan hal ini merupakan Upaya Beliau dalam melakukan Perbaikan serta pengembangan Pelayanan Publik yang Prima terhadap Masyarakat Pemohon SKCK.

Setelah dilakukan Sharing dengan Kasat Intelkam, AKP H. AKHMAD ZAIN ROFIQI, SH Alias Pak Haji sapaan Akrab di Polres Pelalawan serta beberapa Perwira Staf Sat Intelkam terkait Inovasi tersebut, Pak Haji beserta Anggota sangat antusias terhadap gagasan beliau dan secara bersama akan segera merealisasikan Gagasan mulia beliau agar program tersebut dapat segera dilaunching kepada Publik. Gagasan tersebut diaplikasikan dalam bentuk Mobil SKCK Keliling. Mobil Dinas Polri disulap menjadi sedemikian Menarik dgn menonjol Kesan Mobil Pelayanan SKCK serta Petugas yang telah diseleksi secara Kompeten dalam bidang Pelayanan SKCK dan Identifikasi yaitu sebanyak 2 Orang dan Pastinya Anggaran selama proses perampungan Gagasan /Inovasi Mulia ini, sepenuhnya menggunakan Anggaran Dinas Polri.

Dalam Inovasi tersebut, Para Petugas ” PSK ” akan beroperasional setiap Hari Senin dan Rabu dari Pkl. 08.00 Wib s.d 13.00 Wib dengan daerah / Lokasi Pelayanan berada di Wilayah Hukum Polres Pelalawan dan selain dari Jadwal tersebut, PSK akan memberikan Service Excellent yakni akan mendatangi Wilayah Desa yang mempunyai Pemohon SKCK paling sedikit 20 Orang yang sebelumnya telah diakomodir oleh Masing-masing Bhabinkamtibmas dan diharapkan Service memuaskan tersebut berjalan Secara Kontinu.

Untuk Syarat-syarat SKCK, Pemohon diwajibkan melengkapi berkas Administrasi sesuai Dalam Perkap Kapolri Nomor 18 Thn 2014 yakni antara lain :

– Pas Photo ukuran 4×6 Latar Merah sebanyak 6 Lembar.
– Foto Copy KTP 2 Lembar.
– Foto Copy KK sebanyak 1 Lembar.
– Foto Copy Akte Kenal Lahir sebanyak 1 Lembar.

Pada saat berada di Mobil SKCK Keliling, Pemohon akan melalui beberapa Tahapan yakni antara lain :

1). Pemeriksaan Berkas Administrasi.
2). Pengisian Form daftar Pertanyaan.
3). Pengambilan Rumus Sidik Jari.
4). Pengembalian Berkas yang telah lengkap kepada Petugas SKCK.
5). Proses Identifikasi Data serta Pencatatan.
6) Proses Penerbitan SKCK.

Setelah melalui beberapa tahapan tersebut, SKCK dapat Diproses dan Diterbitkan oleh Petugas SKCK dan diending Pelayanan, Petugas akan memberikan SKCK dan Pemohon membayar PNBP SKCK sebesar Rp. 30.000 sesuai PP RI Nomor 60 Tahun 2016 ttg Tarif PNBP Polri dan tidak akan memungut biaya lain diluar Tarif yang telah ditentukan.

IMG-20171113-WA0802
Inovasi yang digagas oleh Kapolres Pelalawan, AKBP KASWANDI IRWAN, SIK terkait ” PSK ” Alias ” Pelayanan SKCK Keliling ” diharapkan mampu menjawab serta menenangkan Kegelisahan para Pemohon SKCK yang berdomisili jauh dari Polres maupun Polsek serta diharapkan pula dgn Inovasi tersebut dapat benar-benar dirasakan Manfaatnya bagi Masyarakat banyak guna menciptakan Opini Positif masyarakat terhadap Polri guna menciptakan Citra Polri yang Melindungi, mengayomi dan Melayani Masyarakat dgn dengan Penuh Keikhlasan.

Penulis: Tim

Editor: Alvian Nur

Publish: Tuan Mudo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password