Rapat Koordinasi, Pembahasan Permasalahan Tapal Batas Desa Oba dan Desa Samahode Oba Utara.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,  Bertempat Kadatong  Kie Kesultanan Tidore kelurahan Soasio kecamatan Tidore kota Tidore Kepulauan telah berlangsung rapat koordinasi antara pemerintah kota Tidore Kepulauan, Polres Tikep, Kodim 1505 Tidore dengan Kesultanan Tidore terkait dengan permasalahan / sengketa tapal batas Desa Somahode dan desa Oba kecamatan Oba Utara kota Tikep.

Hadir dalam giat tersebut, Walikota tidore kepulauan Capt H. Ali Ibrahim, MH, Sultan tidore Hi Husain Sjah’ Staf Ahli  Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kota Tikep Bpk. Drs. H. Asrul Sani Soleman, Kapolres Tikep AKBP Azhari Juanda, S.IK, Kasdim 1505 Tidore Mayor Inf. Sihono, ‎Kaban PMD Setda Kota Tikep Bpk. Hamid Abdullah, S.IP, Kabg Humas Azis Hadad, SE, Kasat Intelkam Polres Tikep AKP M. Husni Hasan dan Bobato Kesultanan Tidore.

Rakor Tersebut di pandu oleh ‎Kaban PMD Setda Kota Tikep sdr. Hamid Abdullah, S.IP, pada kesempatan tersebut menyampaikan  kronologis permasalahan tapal batas dan sejarah masing masing versi kedua desa tersebut.

Pada kesempatan tersebut walikota tidore kepulauan Capt H. Ali Ibrahim, MH menyampaikan  bahwa permasalahan tapal batas kedua tersebut perlu secepatnya diselesaikan, jika di lihat pada peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengepakan semen di kelurahan Somahode sudah terlihat kemarahan masyarakat.

“Untuk itu kami meminta bantuan dan dukungan dari pihak Kesultanan untuk menyelesaikan persoalan kedua desa tersebut.” Ucapa Walikota Tikep.

Kapolres tidore kepulauan AKBP Azhari Juanda, S.IK, menyampaikan langkah langkah yang di ambil oleh pihak Polres Tidore Kepulauan setelah menerima laporan intelijen dengan melakukan koordinasi langsung dengan Pak Walikota agar segera  melakukan pembahasan ditingkat Pemkot dengan mengundang Forkopimda.

“Permasalahan batas desa tersebut harus dikomunikasikan dengan pihak kesultanan dalam rangka mencari solusi yang terbaik bagi kedua Desa.” Ujar Kapolres.

Kapolres juga telah memerintahkan Kapolsek Oba dan Sat Intelkam untuk turun ke lapangan dalam rangka meredam situasi kedua belah pihak dan selalu monitor perkembangan situasi dilapangan dan hingga saat ini sitkamtibmas di dua Desa Tersebut masih kondusif.

“Persoalan batas Desa ini harus segera diselesaikan, dan jangan ditunda-tunda atau dibiarkan berlarut-larut karena akan berdampak pada konflik antar kedua Desa. Segera diselesaikan dengan mengedepankan wins-wins solution.” Ujar AKBP Azhari.

Penyampaian oleh Staf ahli Walikota  bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kota Tikep Drs. H. Asrul Sani Soleman, yang intinya bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya, pemerintah telah mengambil langkah langkah penyelesaian permasalahan tapal batas namun hanya tingggal satu langkah yakni Sultan dan Bobato Kesultanan Tidore dan pemerintah turun langsung melakukan pertemuan dengan masyarakat kedua desa tersebut.

Pihak Kesultanan Tidore yang di sampaikan oleh Jou Hukum Kesulatanan Tidore yang intinya penyelesaian permasalahan kedua tersebut perlu melakukan 3 aspek pendekatan yakni, Hukum,  Pemerintah dan Kultural.

Sementara  penyampaian dari Sultan Tidore H. Husain Sjah yang intinya bahwa persoalan tapal batas sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun, hal ini perlu secepatnya diselesaikan namun tidak merugikan kedua desa tersebut, selain itu Sultan juga meminta kepada unsur pelaksana (staf ahli, SKPD) pembantu Walikota Tikep agar lebih tanggap dan jeli dan secepatnya turun langsung membantu dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Pada kesemapatan tersebut sultan tidore H Husain Sjah memberikan Langkah-langkah yang harus di ambil dalam penyelesaian persaoalan tapal batas kedua desa tersebut yakni, Pihak Kesultanan bersama forkopimda kota Tikep dalam waktu dekat akan turun langsung di kedua desa tersebut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut serta melakukan pendekatan kultural.

Penulis             : Ulfa

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password