BNNK Tanggamus Lampung Test Urine Warga Binaan Rutan Kota Agung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Jajaran Satuan Sabhara Polres Tanggamus menggelar pengamanan inspeksi mendadak (sidak) Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanggamus dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kotaagung diblok tahanan yang ada di rutan Kotaagung, Senin (13/11/17) pagi.

Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si, Kasat Sabhara AKP Rohmadi mengatakan pengamanan dilaksanakan permintaan BNNK Tanggamus.

“Pengamanan Sat Sabhara melibatkan 27 personil guna membackup BNNK Tanggamus dalam pelaksanaan sidak dan test urine warga binaan di Rutan Kota Agung”, kata AKP Rohmadi.

Kepala BNNK Tanggamus, Kolbidi melalui Kasi Penindakan AKBP Mashar Yusuf, mengatakan bahwa penggeledahan didalam rutan dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) memang sudah menjadi program dari BNN pusat yang memiliki sandi Operasi Bersinar.

Penggeledahan dan tes urine kepada warga binaan di rutan ini untuk mengantisipasi adanya peredaran gelap narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) di dalam rutan yang melibatkan warga binaan.

“Kegiatan ini dilakukan diseluruh Indonesia, sebab merupakan program BNN pusat, dalam Ops Bersinar ini, kami melibatkan Polres Tanggamus dan pihak rutan. Jumlah personelnya sekitar 87 orang yang merupakan personel gabungan antar tiga intansi dengan target pemeriksaan 150 warga binaan” ujar AKBP Mashar Yusuf.

Lanjutnya, bahwa tujuan penggeledahan adalah untuk mengantisipasi adanya peredaran barang haram didalam sel tahanan. “Program ini dilakukan oleh BNN karena masih ada ditemukan peredaran narkoba di dalam sel dirutan maupun lapas. Dalam kegiatan ini kami berkoordinasi dengan pihak rutan/lapas dan polres,” kata dia.

Dalam penggeledahan, sambung AKBP Mashar, aparat tidak menemukan adanya narkoba. “Dalam penggeledahan ini berjalan dengan lancar tidak ada kegaduhan, warga binaan dirutan cukup kooperatif. Dari hasil penggeladahan juga tidak ditemukan narkoba, petugas hanya menemukan alat cukur kumis dan gunting kuku,” ujarnya.

Seusai menggeledah seluruh blok tahanan, petugas terus Mashar, langsung melakukan tes urine kepada 150 warga binaan. “Untuk hasilnya memang belum diketahui sebab masih diperiksa oleh tim,” pungkas AKBP Mashar seraya mengatakan bahwa sidak dan tes urine kedepan masih akan dilakukan baik di intansi pemerintahan maupun swasta.

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password