Pemilik Tanaman Ganja Akhirnya Menyerahkan Diri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,  QM alias Qumar (25) yang beberapa pekan lalu  di tetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) atas dugaan kepemilikan 12 bibit tanaman ganja, akhirnya menyerahkan diri ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku Utara.

Hal ini disampaikan Derektur Reserse Narkoba Polda Malut, AKBP Mirzal Alwi, “Dia (QM-red) sudah kita tahan di sel tahanan setelah menyerahkan diri pada minggu lalu,” Ungkap Dir Narkoba.

Perwira dua buga di Polda Malut kembali menegaskan, penahanan terhadap Sdr QM, sesuai dengan surat DPO yang di keluarkan Polda Malut dengan nomor; DPO / 16 / X / 2017 / Dit Resnarkoba dengan kasus kepemilikan bibit tanaman ganja golongan satu sebagaimana tertuang dalam laporan polisi; LP/40/X/2017/Malut/SPKT tertanggal 21 Oktober 2017.

Menurut Dir Narkoba, keterlibatan Sdr QM ini setelah anggota Ditresnarkoba Polda Malut meringkus salah satu rekanya yang terlibat dalam kasus yang sama, dengan inisial NG alias Gepeng di lingkungan Maliaro Kecamatan Kota Ternate Tengah, pada Sabtu (21/10/2017) lalu, setelah anggota menerima laporan masyarakat dan melakukan giat surverfilence (penyamaran dan pemantauan).

“Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan Ditresnarkoba, untuk mengetahui jaringan-jaringan lainya,” pungkas AKBP Mirzal.

QM  berhasil melarikan diri setelah anggota dari Dit Narkoba melakukan penggeledahan di kediamannya yang bertempat di Kelurahan Tabahawa Kecamatan Kota Ternate Tengah dan berhasil mengamankan 12 bibit tanaman ganja dan 2 sachet kecil ganja dengan berat 1,15 Gram serta beberapa barang bukti lainya berupa, 1 sachet sedang berisi biji ganja dengan berat 0,45 Gram, 2 pack kertas marsbrend, 6 pack plastik sachet ukuran kecil, 5 sachet plastik ukuran besar dan 1 pack plastik ukuran sedang.

Atas perbuatan itu, QM di jerat dengan pasal, 111 ayat (1), pasal 114 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika sementara tersangka NG alias Gepeng dikenakan pasal 111 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf a. UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Penulis             : Wanto Tftt

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password